Dear Mom, Ini 5 Tips Memulai Usaha dari Rumah

Para Ibu yang Mengikuti Pelatihan
Sumber :
  • Zeelandia Indonesia

JAKARTA – Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa berkontribusi dalam perekonomian keluarga? Ternyata, selain mengurus rumah tangga, mereka juga bisa berwirausaha. Kunci utama sukses berbisnis, bahkan untuk usaha rumahan, adalah perencanaan yang matang.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Memulai usaha tanpa persiapan matang merupakan resep kegagalan. Tidak ada rencana dan tujuan yang jelas menjadikan bisnis cepat gulung tikar. Oleh karena itu, sebelum merintis usaha, sejumlah tahapan harus dilalui. Berikut tipsnya.

1. Mencari Ide Bisnis

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Ide bisnis bisa datang dari hobi atau kebutuhan di sekitar lingkungan. Sebagai contoh, hobi membuat kue bisa diubah menjadi bisnis jika ada permintaan di sekitar tempat tinggal.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

2. Merancang Business Plan

Meski bermodal kecil, business plan adalah dokumen yang penting. Ia memuat visi, misi, tujuan, target pasar, proyeksi keuntungan, dan lain-lain.

3. Menyiapkan Modal

Modal bisa diperoleh dari tabungan, dukungan keluarga, atau pinjaman. Menghitung kebutuhan modal awal adalah penting agar bisnis dapat berjalan.

4. Riset Pasar dan Kompetitor

Mengetahui kebutuhan pasar dan siapa saja kompetitor di lini bisnis yang sama menjadi salah satu kunci dalam persiapan.

5. Memilih Supplier

Supplier adalah partner bisnis jangka panjang. Maka dari itu, pemilihan supplier harus dilakukan dengan cermat.

Selain itu promosi melalui media sosial juga penting untuk dilakskasanakan. Strategi reseller pun bisa digunakan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Menariknya, Zeelandia Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam industri bahan baku roti dan kue, juga ikut berkontribusi dalam pengembangan dan pemberdayaan perempuan melalui program CSR (corporate social responsibility) yang diberi nama "Zeelandia Empowers Women". Program ini dirancang khusus untuk perempuan di wilayah Tangerang yang menghadapi berbagai tantangan, mulai dari ibu tunggal, karyawan yang terkena PHK, hingga perempuan yang memiliki akses terbatas.

Ilustrasi Kue

Photo :
  • Zeelandia Indonesia

"Kami memberikan dukungan berupa demo resep, paket produk usaha awal, pelatihan penjualan, dan perlengkapan baking. Harapannya, program ini bisa membantu perempuan untuk menjadi individu yang tangguh dan mandiri di sektor kuliner," ujar Bety Suryawati, Head of Corporate & Communication Zeelandia Indonesia.

Program ini mengedepankan prinsip pemberdayaan dan pengembangan diri, termasuk bagi ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha dari rumah. Melalui program ini, diharapkan semakin banyak perempuan yang mampu mengembangkan diri dan membantu perekonomian keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya