5 Tokoh Dunia Kerja Keras di Usia 20 Tahun, Ada yang Jualan Koran

JK Rowling.
Sumber :
  • IMDb

VIVA Lifestyle – Usia 20-an mungkin sebagian besar dari Anda sedang dalam masa terintimidasi, sulit, dan stres. Demi mengikuti ekspektasi sosial, seseorang harus lulus kuliah, bertemu pasangan hidup, atau bahkan sedang fokus membangun karier cemerlang.

Bill Gates Bakal Cari Solusi Terkait Ekstraksi Kelapa Sawit yang Bisa Merusak Ekosistem

Terkadang perlu pengingat bahwa tidak semua jalur kehidupan melalui rute yang sama. Bahkan, beberapa tokoh terkenal dalam sejarah tidak mencapai keinginan mereka di usia 20 tahun ini dalam kehidupannya.

Dari daftar tokoh yang sangat sukses di usia 20-an, ada beberapa tokoh yang mulai dikenal di usia lanjut. Berikut ini adalah lima tokoh bersejarah dan apa yang mereka sebenarnya lakukan saat berusia 20-an seperti dikutip dari beberapa sumber Senin,4 Desember 2024.

Elon Musk dan Jeff Bezos Jaga Jarak, Mark Zuckerberg Kalah Abjad dari Bill Gates

1. Warren Buffet

Warren Buffett

Photo :
  • Business Insider
Selain Gus Mus dan Habib Luthfi, Diah Warih Masuk Deretan Tokoh Inspiratif Jateng

Bapak para investor, Warren Buffet pernah merasakan pahitnya hidup saat berusia 20-an. Saat itu Warren muda bercita-cita masuk Harvard Business School terpaksa mengubur mimpinya karena tidak lolos saat tahap seleksi.

Namun, berkat usaha kerasnya, Warren berhasil lolos ke universitas lain yaitu Columbia University, di sana ia menuntut ilmu sambil bekerja sampingan sebagai loper koran, sales dan pialang saham.

2. Bill Gatest

Bill Gates.

Photo :
  • eTeknix

Sebagian orang di dunia sudah mengetahui bahwa Bill Gates merupakan bos Microsoft dan juga orang terkaya di dunia. Namun jarang yang mengetahui di usia 20 tahun Bill Gates harus menelan kenyataan pahit saat dirinya dikeluarkan dari Harvard University.

Meski begitu, dia tidak pernah patah semangat dan terus berjuang. Melalui kesenangannya di dunia komputer, dia membangun sebuah program yang menjadi cikal bakal lahirnya Microsoft. Bersama Paul allen, co-founder-nya, Bill Gates menyeriuskan project tersebut hingga menjadi perusahaan terbesar di dunia.

3. J.K. Rowling

J.K. Rowling

Photo :
  • Facebook J.K. Rowling

Penulis serial buku terlaris di dunia, J.K. Rowling masih harus menghadapi banyak tantangan di usia 20 tahun. Mulai dari ditolak penerbit sampai dipecat dari pekerjaan lamanya. Sejak saat itu, dia sedang sibuk menghabiskan waktu menonton festival dan jalan-jalan keliling UK dengan nebeng orang yang ditemui di jalan.

Kendati senang berpetualang dan mencari kesenangan, ia tidak pernah meninggalkan kesenangan sebagai penulis hingga akhirnya dia sukses membuat serial Harry Potter yang dikenal banyak orang saat ini.

3. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey bersama Barack dan Michelle Obama

Photo :

Percaya atau tidak, ratu media Oprah dipecat, atau tepatnya diturunkan dari jabatannya dari pekerjaan pertamanya sebagai reporter di awal usia 20.

Meski mengalami kemunduran, Oprah tetap melanjutkan membawakan acara People Are Talking, di mana dia menghabiskan sisa usia 20 membentuk namanya sebagai television personality. Dia tidak mendapatkan acara dengan namanya sendiri hingga usia awal 30-an.

4. Albert Einstein

Albert Einstein.

Photo :
  • http://mediabisnisonline.com/

Setelah lulus dari perguruan tinggi di usia 21, Einstein melamar banyak posisi akademis tapi tak ada satu pun yang menerimanya. Dihadapkan dengan masa depan yang tak pasti, Einstein mulai mengajar anak-anak, tapi sering dipecat juga dari pekerjaannya.

Pada tahun 1902, Einstein ditawari pekerjaan sebagai juru tulis di kantor berpaten Swiss. Pada tahun 1905, di saat usianya 26 tahun, Einstein mendapatkan apa yang kemudian orang sebut sebagai tahun ajaib. Dalam beberapa bulan, Einstein bisa menerbitkan beberapa laporan yang merevolusikan dunia sains, meliputi persamaan terkenalnya E=mc2. Dia mendapatkan gelar doktoralnya pada tahun itu juga. Dia kemudian memenangkan hadiah Nobel dalam bidang fisika pada tahun 1921.

patung Marilyn Monroe di Madame Tussauds London

Photo :
  • Mvkulkarni23/wikimedia

Terlahir dengan nama asli Norma Jeane Mortenson, Marilyn Monroe memiliki masa kecil yang rumit. Tapi dengan cepat namanya mencapai popularitas sebagai bintang Hollywood dan ikon di tahun 1940.

Usia awal 20-an Monroe merupakan momen penentu aktris muda itu setelah mendapatkan kontrak film pertamanya pada tahun 1946. Ini juga merupakan tahun di mana dia membangun citranya sebagai Marilyn Monroe dan mewarnai rambutnya dengan warna pirang platinum. Dia mendapatkan popularitas dan kekayaan setelah film Niagara dirilis pada usia akhir 20-an. Monroe membintangi beberapa film terkenal sebelum usia 30 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya