4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

VIVA Lifestyle – Pembuluh darah berfungsi untuk mengalirkan darah ke organ dan jaringan di tubuh manusia. Jika tersumbat, dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti angina atau nyeri dada hingga penyakit jantung koroner. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Sejumlah rempah-rempah dipercaya dapat membantu melancarkan plak yang menumpuk di pembuluh darah. Apa saja? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut. 

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengungkap, ada banyak rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan plak di pembuluh darah jantung. Rempah-rempah apa saja yang dimaksud?

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

"Yang paling gampang adalah semua jenis bawang-bawangan. (Bawang) merah, putih, ungu. Kan ada tuh bawang bombay yang ungu," ujarnya di Youtube dr. Zaidul Akbar Official, dikutip Rabu 21 Februari 2024. 

"Jadi, bawang itu setau saya jangan dikunyah, karena bisa merontokkan gigi. Kalau makan bawang telen aja. Atau Anda ancurin bawang, campur madu, terus minum dorong pakai air," tambahnya. 

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Bawang putih.

Photo :
  • Freepik/Racool_studio

Kemudian, rempah selanjutnya adalah kunyit dan jintan hitam atau habbatussauda. Menurut Zaidul, herbal tersebut dapat membantu mengencerkan darah dan mencairkan plak. Namun selain rempah, menurut Zaidul ada yang lebih penting. Apa itu?

"Tapi yang paling penting apa? Perbaiki pola makan. Plak itu kan karena lemak, maka Anda harus turunkan atau kurangi atau setop lemak yang tidak sehat. Minyak goreng, gula, terigu, makanan olahan, kaya begitu," ungkapnya. 

Lebih lanjut penggagas buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu juga mengatakan bahwa ketumbar pun bisa dimanfaatkan untuk membantu mencairkan darah. 

"Adanya apa di rumah pake aja (rempah), rutinkan aja, berapa lama? 3 bulan minimal kalau mau sempurna. Tapi ingat dengan catatan Anda benerin pola makan," katanya kembali mengingatkan. 

"Jadi, lemak-lemak yang biasa diasup tidak sehat diganti dengan lemak sehat. Contohnya apa? Minyak zaitun, kemudian kelapa, daging kelapanya Anda makan, kelapa tua, itu bagus juga buat jantung, buat pencernaan juga. VCO juga bisa," pungkas Zaidul Akbar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya