Perbedaan Bulan Ramadhan dengan Bulan Lainnya

Umat muslim menunaikan ibadah shalat tarawih pertama bulan Ramadan 1440 H di Masjid Pondok Pesantren Assalam, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 5 Mei 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Semua muslim di seluruh dunia menganggap bulan Ramadhan sebagai bulan suci dalam agama Islam yang sangat penting. Selama bulan ini, orang berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam dan tidak boleh makan, minum, atau melakukan hal-hal yang membatalkan puasa

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Sebagai salah satu dari lima rukun Islam, umat Islam menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan setiap tahun di seluruh dunia. Namun, ada beberapa perbedaan besar antara bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya. 

Umat muslim menunaikan ibadah shalat tarawih pertama bulan Ramadan 1440 H di Masjid Pondok Pesantren Assalam, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu, 5 Mei 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Dilansir dari Badan Amil Zakat Nasional, berikut adalah beberapa perbedaan antara bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya : 

1. Bulan Suci

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Dalam agama Islam, bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan suci karena ada malam Lailatul Qadr, yang dianggap sebagai malam yang penuh berkah dan keutamaan. Umat Islam diminta untuk meningkatkan ibadah, membaca Al-Quran, berdoa, dan melakukan amal kebajikan selama bulan Ramadhan.

2. Puasa 

Salah satu hal yang membedakan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya adalah puasa. Disebabkan makna spiritual yang mendalam dari puasa selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari konsumsi makanan dan minuman apa pun mulai dari fajar hingga matahari terbenam. Hal ini dilakukan karena umat Islam berusaha memperkuat hubungan mereka dengan Allah serta mengontrol hawa nafsu mereka.

Muslim dianjurkan untuk berpuasa dan melakukan ibadah malam yang disebut tarawih. Setelah sholat Isya', tarawih dilakukan di masjid. Setiap malam selama bulan Ramadhan, ibadah ini melibatkan membaca Al-Quran secara berjamaah. Tarawih memberi orang Muslim kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan banyak pahala.

Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan di mana pintu-pintu pengampunan terbuka. Umat Islam berharap untuk mendapatkan pengampunan dari Allah atas dosa-dosa mereka dan mendapatkan rezeki dan keberkahan yang melimpah selama bulan ini.

5. Kebaikan dan Solidaritas

Kegiatan buka puasa bersama dan santunan anak yatim di bulan Ramadhan

Photo :
  • ist

Bulan Ramadan juga dikenal sebagai bulan kebaikan dan solidaritas karena umat Islam lebih cenderung untuk bersedekah, membantu orang yang membutuhkan, dan berbagi makanan dengan orang lain. Umat Islam juga harus lebih menyadari pentingnya berbagi rezeki dan berempati dengan sesama.

Ramadhan adalah bulan yang berbeda dari semua bulan karena ia adalah bulan puasa dan memiliki makna spiritual yang besar, kesempatan untuk meningkatkan ibadah, dan peluang untuk mendapatkan berkah yang melimpah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya