Ustaz Khalid Basalamah Tak Sarankan Berdoa Usai Salat Fardu: Ulama Mengatakan Tidak Boleh

Ustaz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Lifestyle – Salah satu kewajiban umat muslim adalah menjalankan ibadah salat lima waktu atau disebut salat fardu. Sudah menjadi hal umum ketika selesai salat fardu, kita akan memanjatkan doa.

Terpopuler: Konsep Menabung Pangkal Kaya Dianggap Salah, hingga 8 Cara Hilangkan Double Chin

Namun ternyata, berdoa secara khusus setelah menjalankan salat fardu tidak disarankan. Pendakwah ternama, Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, dia tidak pernah menemukan hadis yang menyebutkan tentang keutamaan berdoa setelah salat fardu. Dirinya hanya menemukan pendapat dari para ulama tentang tidak adanya riwayat shahih yang menyebutkan ada doa khusus setelah salat fardu. Scroll untuk penjelasan lengkapnya, yuk!

"Makanya para ulama yang paham dengan sunnah tidak pernah ada yang mengamalkan secara khusus doa dihubungkan dengan salat 5 waktu. Beda dengan salat sunah dan tidak secara khusus. Tapi kalau secara khusus dipaketkan sama zikir setelah salat, maka itu ulama mengatakan tidak boleh karena tidak ada dalilnya," kata beliau dalam potongan video yang diunggah di akun TikTok @kasimengaji, dikutip Selasa 18 Juni 2024. 

Konsep Menabung Pangkal Kaya Dianggap Salah, Ustaz Khalid Basalamah: Itu Kapitalis!

ilustrasi sholat/salat/shalat

Photo :
  • Istimewa

Lebih lanjut Ustaz Khalid mengungkapkan, tidak pernah disebutkan Nabi Muhammad SAW berdoa secara khusus setelah menjalankan ibadah salat fardu. Bahkan dalam banyak hadis Bukhari, Nabi Muhammad SAW ketika selesai berzikir langsung berdiri. 

Ustaz Khalid Basalamah Sebut Islam Menyuruh Umatnya Menjadi Orang Kaya

"Memang begitu sunnahnya langsung berdiri lalu beliau menunggu di depan gerbang pintu masjid, kalau ada sahabat yang punya keluhan atau punya hajat atau ingin konsultasi dengan beliau. Makanya tidak dianjurkan membaca doa secara khusus habis salat fardu," sambungnya.

Namun, setelah salat sunnah umat muslim boleh memanjatkan doa khusus. 

"Tapi habis salat sunnah boleh saja, hajat kapan perlu jalan butuh hajat dengan Allah langsung sampaikan. Ikutkan tahmid dan sholawat, lalu sampaikan hajat Anda," ungkapnya.

Dia juga meminta agar masyarakat di luar sana untuk tidak salah memahami penjelasannya. Bahwasanya memang hal tersebut tidak pada tempatnya.

"Jadi ini jangan sampai dipahami 'oh kalau begitu ustaz ini menganggap doa tidak perlu' bukan tidak perlu, tapi menempatkan pada tempatnya. Ini yang mesti dipahami, Jadi masalahnya di sini, Nabi Muhammad SAW tidak pernah contohkan berdoa secara khusus sehabis 5 waktu salat yang wajib, maka dianjurkan untuk tidak melakukannya," jelasnya.

Menurut Ustaz Khalid, jika umat muslim memiliki hajat, maka lakukan doa dan bermunajat setelah menjalankan salat sunnah.

"Kalau darurat punya hajat, baik lakukanlah doa itu setelah solat sunnah. Lebih aman, jadi tidak diikat dengan habis salat wajib. Karena solat wajib ini, solat yang diwajibkan artinya zikir itu setelahnya dikhususkan Nabi Muhammad SAW," ungkapnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya