Jangan Salah, Ini Ungkapan Lain dari Kata 'Konnichi Wa'

Ilustrasi wanita Jepang ucapkan salam
Sumber :
  • Pixabay/Ngunyentuanghung

VIVA.co.id – Ketika memasuki restoran Jepang, biasanya Pelayan di sana akan menyapa setiap tamu dengan bahasa Jepang. Kata-kata sapaan seperti Konnichi wa atau Arigatou sering diartikan singkat, sebagai ucapan terima kasih ataupun sapaan.

Sisi Lain Kehidupan Pegulat Sumo Terkenal di Jepang

Tidak hanya itu, ucapan Konnichi wa juga sering di dengar di media sosial bagi sebagian orang penyuka negeri sakura.

Meskipun terdengar pendek dan singkat, ternyata ucapan 'Konnichi wa' memiliki makna yang berbeda. Bagi orang awam, ini adalah kata sapaan yang digunakan untuk mengucapkan selamat sore, pagi, atau siang. Atau yang bisa diartikan sebagai selamat siang. lalu apa makna sebenarnya dari kata Konnichi wa?

Unik Banget! Kotak Susu Era 1980 yang Hits di Jepang

Kata Konnichi wa sebenarnya adalah versi pendek dari sapaan yang cukup panjang dan bermakna, karena suatu hal, seperti malas, atau kebiasaan memotong akhirnya kata yang panjang tersebut dipersingkat menjadi hanya Konnichiwa.

Awalnya, Konnichi wa adalah kalimat penuh dari,'konnichi wa gokiken ikaga desu ka?' atau bisa diartikan,'bagaimana kabarmu hari ini?’.

Mencicip Kuliner Jepang Hingga Bergaya dengan Yukata

Berdasar hal tersebut, mudah untuk mengganti sapaan di sore hari, yang diubah menjadi Konbanwa, dengan dasar yang sama tapi hanya mengubah bagian kata 'hari ini'.

Untuk pagi hari, bisa mengucapkan ohayou atau ohayou gozaimasu, tergantung seberapa besar rasa hormat orang yang akan kamu berikan salam.

Selain kata-kata di atas, masih ada beberapa kata lainnya yang sering tidak diketahui makna sebenarnya namun sering di dengar dan diucapkan. Seperti Arigatou yang kerap diartikan sebagai ucapan terima kasih, padahal secara harfiah diartikan dalam bahasa Jepang sebagai hal sulit untuk didapatkan.

Dengan kata lain, kata ini digunakan untuk mengekspresikan syukur untuk seseorang yang telah melakukan hal sulit.

Sedangkan kata Itadakimasu, seperti dilansir Rocketnews24 yang biasanya dikatakan sebelum makan, yang secara harfiah diartikan 'aku ambil'. Kata ini tidak begitu sulit dimengerti karena kata ini biasa digunakan sebagai cara mengekspresikan terima kasih untuk tukang masak atau Chef.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya