Rencanakan Pernikahan Pilih WO atau WP?

Pernikahan di luar ruangan.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Munculnya jasa-jasa perencana pernikahan memang bisa menjadi solusi praktis bagi pasangan sibuk yang ingin menggelar pesta pernikahan. Namun kini banyak istilah perencana pernikahan yang muncul seperti wedding organizer (WO) dan wedding planner (WP).

Langgar PPKM, Hajatan hingga Lomba Burung di Depok Dibubarkan

Sebenarnya, apa yang membedakan keduanya?

Pemilik jasa wedding organizer, Rina Gunawan menjelaskan, pada dasarnya kedua perencana pernikahan tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu mengorganisir sebuah pernikahan. Hanya saja, seperti namanya, WP lebih detail dalam mengatur segala sesuatunya.

Viral, Cara Lempar Bunga di Pesta Pernikahan Agar Tak Tulari COVID-19

"Dia benar-benar mengatur semuanya, misalnya mengkonsepkan, sampai dia punya semua list-nya, kapan calon pengantin ke sauna, bertemu kedua keluarga. Jadi, planner khusus mempersiapkan untuk calon pengantin dan keluarga pemangku hajat," ujar Rina kepada VIVA.co.id.

Itu juga mengapa yang menjadi alasan Rina juga memberikan jasa lengkap mulai dari organizer, planner, hingga konsultan hingga masalah keuangan. Karena, dia tahu bahwa mempersiapkan pernikahan itu banyak hal yang harus diatur.

Gelar Acara Sakral saat Pandemi, Protokol Kesehatan Jangan Kendur

Setiap vendor, kata Rina, memiliki klasifikasi tersendiri. Ada kelas A, B, dan C, semua itu menentukan kualitas dari vendor tersebut. Dengan ikut mengatur keuangan calon pengantin, Rina bisa menentukan vendor mana yang sesuai bujet bahkan bisa juga mendapatkan diskon spesial.

"Ketika bertemu saya juga akan tanya klasifikasi mana yang mau dipilih. Banyak WO yang tidak memberitahu vendor mana yang dipakai, tapi saya selalu mau terbuka dan transparan," kata pengusaha yang pernah menjadi aktris dan penyanyi ini.

Ilustrasi pernikahan/pre-wedding.

Cari Inspirasi Pesta Pernikahan di Pameran Wedding

Nah, buat kamu yang lagi pusing persiapkan pernikahan, mungkin pergi ke acara pameran pernikahan jadi salah satu pilihan untuk mencari inspirasi, persiapan nikah.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022