Kenali Cara Mata Menunjukkan Perhatian pada Lawan Bicara

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA.co.id – Mata dapat menunjukkan banyak hal terkait tubuh manusia. Salah satu contoh saat seseorang sedang mendengarkan obrolan lawan bicaranya.

Gara-gara Saling Tatap di Perempatan, Pedagang Ikan di Lampung Tewas Ditikam Tetangga

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology: General, menemukan bahwa pupil mata seseorang akan berdilatasi (meregang) saat mendengarkan obrolan lawan bicaranya. Kondisi pupil tersebut berarti bahwa pendengar tersebut memperhatikan detail ucapan lawan bicaranya. Para peneliti melihatnya melalui videotape dan rekaman pada mata dari beberapa partisipan studi.

"Mata merupakan jendela jiwa, kalimat itu benar. Karena, para peneliti menemukan kaitan dilatasi pupil dengan status mental seseorang yakni perhatiannya pada orang lain. Artinya, koneksi antar dua orang dapat dinilai melalui dilatasi pupil," ujar peneliti Thalia Wheatley.

Terekam Kamera, Tatapan Penuh Cinta Ibu Iriana ke Presiden Jokowi Bikin Warganet Baper

Dilansir dari laman Medical Daily, studi ini juga mengobservasi peran empati dengan pendengar yang baik. Hasilnya, mereka dengan empati yang tinggi lebih bisa menjadi pendengar yang baik, dibandingkan yang hanya memiliki empati rendah.

Penelitian ini melibatkan beberapa siswa berusia 18 tahun, dengan pandangan dan pendengaran yang baik. Para partisipan dipilih dan dikelompokkan menjadi pencerita dan pendengar.

Momen Salah Tingkah Ariel NOAH 'Curi-curi Pandang' Tatap BCL

Saat kedua orang saling bercerita dan mendengarkan yang lainnya, peneliti membandingkan keduanya dengan melihat perbedaan pupil. Dengan cara ini, peneliti melihat momen yang terjadi pada mata, saat para pendengar memperhatikan lawan bicaranya.

Kasat Reskrim Polres Batu AKP Rudi Kiswoyo

Saling Tatap di Jalan Jadi Motif Pengeroyokan Berujung Tewasnya Seorang Remaja di Malang

Satreskrim Polres Batu membeberkan motif pengeroyokan hingga menyebabkan korban meninggal dunia di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2024