Sembilan Kesalahan saat Mendesain Ruang Tamu

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/ErikaWittlieb

VIVA.co.id –  Ruang tamu merupakan jantung sebuah rumah dan merupakan representasi langsung dari sikap dan kepribadian pemiliknya. Biasanya, saat mendekorasi ruang tamu, kita hanya akan memikirkan kesenangan, dan gairah kita, sehingga tidak memperhatikan kesalahan rancangan yang mungkin bisa dilakukan saat menyiapkan ruang tamu.

Nyaman di Rumah dengan Sentuhan Keindahan Alam yang Bisa Bikin Relaks

Mengutip dari situs Boldsky, hindari sembilan kesalahan ini saat merancang ruang tamu di rumah. Kita juga bisa merancang ruang tamu sendiri tanpa harus membayar seorang perancang interior dengan harga yang cukup tinggi.

Jika Anda mengetahui beberapa kesalahan umum yang bisa dilakukan saat menyiapkan ruang tamu. Ini bisa apa saja mulai dari struktur dasar hingga potongan dekorasi rumah.

Mau Bikin Spot Instagramable di Rumah? Begini Caranya

Hindari pengaturan acak

Salah satu kesalahan penting dalam desain ruang tamu adalah pengaturan yang dilakukan secara acak, yang menunjukkan dengan jelas bahwa mereka melakukannya tanpa perencanaan apa pun. Tidak masalah apakah itu rumah baru atau rumah yang telah direnovasi, hati-hati dengan beberapa kesalahan umum yang bisa Anda buat dalam desain ruang tamu dan dekorasi.

Intip Mewahnya Desain Interior Rumah Mayang Sari

Bahkan beberapa perubahan kecil bisa membuat perbedaan yang luar biasa. Jaga agar desainnya fleksibel, sehingga Anda bisa mengubahnya sesuai suasana hati Anda.

Pencahayaan lampu

Pencahayaan jika tidak diset dengan benar akan merusak ruangan anda. Pastikan ada cahaya dari semua sisi. Hanya memiliki lampu atas adalah kesalahan terburuk yang bisa Anda buat. Menggunakan lampu LED di langit-langit adalah ide bagus.

Penggunaan karpet

Karpet yang salah bisa merusak pandangan mata ruang tamu anda. Selalu pastikan karpet yang Anda gunakan sesuai dengan ukuran dan bentuk ruangan. Hati-hati saat memilih warna juga.

Penempatan

Pastikan semua perabotan diposisikan dengan benar. Menjaga televisi dalam posisi yang salah adalah salah satu kesalahan umum yang bisa Anda buat dalam desain ruang tamu.

Penataan sofa

Sofa yang menyentuh dinding merupakan kesalahan drastis lainnya. Jika Anda berpikir bahwa ini akan membuat ruangan terlihat lebih lapang, perhatikan bahwa posisi sofa tidak merusak tampilan ruang tamu Anda.

Warna dinding

Warna dinding gelap akan membuat ruangan Anda terlihat kecil dan kikuk. Jika Anda menyukai warna gelap, gunakan ini untuk menyorot dinding tunggal, dan gunakan warna terang di semua sisi lainnya.

Gaya kuno

Gaya kuno dapat memberikan kesan klasik. Namun, mungkin tidak selalu berlaku dalam kasus furnitur kuno. Jadi, masuklah ke desain terbaru untuk mendapatkan desain ruang keluarga.

Meleset dari fungsi utama

Ruang tamu adalah untuk menyambut tamu dan untuk menghabiskan waktu luang. Jangan menjadikannya ruang tamu untuk fungsi lain, seperti untuk makan, minum, tidur, bekerja, berolahraga atau untuk mengatur meja kantor Anda.

Perhatikan tirai

Tirai jendela panjang sudah ketinggalan mode. Gunakan tirai sepanjang lantai, dan letakkan batang tirai sedikit lebih tinggi. Ini akan memberi tampilan yang luas dan mewah ke ruang tamu Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya