Label Halal Jadi Pertimbangan Konsumen Beli Produk

Zaskia Adya Mecca Luncurkan Lip Cream Halal
Sumber :
  • Linda Hasibuan/VIVA

VIVA.co.id – Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, label halal dalam segala produk yang dikonsumsi maupun dipakai menjadi hal yang mendasar. Kebutuhan akan produk halal ini juga mendorong semakin banyak perusahaan yang mengeluarkan produk dengan label halal.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Di samping itu, menurut Wakil Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Ir. Osmena Gunawan, kesadaran masyarakat akan produk halal juga semakin tinggi. Hal ini terlihat dari peningkatan produk halal di pasaran.

"Contohnya berbagai restoran dan makanan olahan yang sudah bersertifikat halal, yang awalnya hanya sebagian produksi saja kini sudah meningkat jumlahnya," kata Osmena saat ditemui VIVA.co.id di Jakarta.

BPJPH: Produk Non Halal di Indonesia Wajib Cantumkan Keterangan Tidak Halal

Selain itu, semakin banyak pula masyarakat yang menjadikan label halal sebagai pertimbangan utama mencari produk. Berbagai pertanyaan juga banyak diajukan masyarakat kepada MUI terkait produk halal.

Kesadaran tinggi masyarakat akan produk halal juga terwujud dari semakin banyaknya penggiat halal. Seperti mahasiswa, sekolah, chef, hingga komunitas di media sosial yang mengkampanyekan halal. (mus)

BPJPH Tegaskan Kewajiban Sertifikasi Halal Indonesia di di Sidang TBT WTO
Gedung Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)

Insentif Pendamping Proses Produk Halal dan LP3H Cair Rp 81,4 Miliar Jelang Lebaran

BPJPH Kemenag mencairkan insentif untuk Pendamping Proses Produk Halal (P3H) dan biaya Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H).

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024