Wajib Tahu, Tips Gunakan THR Secara Aman

Masyarakat cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya.
Sumber :
  • Pixabay/Stevepb

VIVA.co.id – Menyambut Hari Raya Idul Fitri, para karyawan atau pekerja mendapatkan tambahan pendapatan dari Tunjangan Hari Raya (THR). Namun, banyak orang masih cenderung keliru dalam menggunakan dana tambahan tersebut.

Tips Bijak Kelola Dana THR Biar Gak Boncos di Tengah Corona

Head of Wealth Managenent and Customer Segments Bank Commonwealth, Ivan Jaya mengaku, masyarakat cenderung menghabiskan seluruh dana THR untuk keperluan hari raya. Padahal seharusnya dana THR dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan lebih bijak.

"Habit (kebiasaan) kita secara naluri adalah ingin menghabiskan semua, tapi yang bijaksana hampir semuanya diinvestasikan," ujarnya kepada VIVA.co.id saat ditemui baru-baru ini.

Pemerintah Peringatkan Pengusaha Wajib Bayarkan THR 2020

Menurutnya, dana THR yang bisa kita gunakan untuk keperluan hari raya hanyalah 20 persen saja. Sisanya kita bisa memanfaatkan uang tersebut untuk diinvestasikan.

"Tips sebaiknya jangan dihabiskan. Mungkin dibatasi hanya 20 persennya saja membeli kebutuhan Lebaran dan sisanya langsung diinvestasikan. Taro saja, diamkan. Jangan diutak-atik untuk kebutuhan masa depan," kata dia.

Heboh Kenaikan Tunjangan Direksi BPJS, Ini Penjelasan Kemenkeu

Ivan menyarankan, agar masyarakat mulai terbiasa untuk menyisihkan dana investasi. Sehingga jika menerima dana bonus tidak serta-merta berhasrat untuk membeli kebutuhan konsumtif yang sifatnya hanya untuk kepuasan diri sementara.

"Idealnya kalau bisa 100 persen lebih baik, tapi kan ada kebutuhan tertentu, ingin berbagi dengan keponakan dan orangtua jadi di-manage 10 atau 20 persen maksimum. Sisanya 80 persen ditabung," ucapnya. (ren)

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

4 Tips Ajarkan Anak Kelola Uang THR

Saat Lebaran anak seringkali mendapat uang THR sebagai hadiah mereka telah berpuasa. Inilah saatnya Anda ajarkan cara mengelolanya

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2021