Kenalkan Zeerak, Boneka Sesame Street dari Afghanistan

Zeerak, Sesame Street
Sumber :
  • Twitter/@Sesamestreet

VIVA.co.id – Sesame Street versi Afghanistan, Baghch-e-Simsim, memperkenalkan sebuah muppet atau tokoh baru, Zeerak, yang menyebarkan pentingnya pendidikan bagi perempuan.

Anne Hathaway Akan Main di Film Sesame Street Versi Live Action

Zeerak adalah saudara Zari berusia empat tahun, yang memulai debutnya tahun lalu. Dilansir dari  Mashable tersebut berharap bahwa Zeerak, yang yang mengurus adik perempuannya agar lebih terdidik dapat menginspirasi sikap positif tentang pendidikan perempuan di Afghanistan.

Muppet oranye, yang namanya berarti 'pintar' dalam Dari dan Pashto, memakai kacamata dan pakaian tradisional Afghan.

Teror Bom Bunuh Diri di Afghanistan, 15 Tewas dan Puluhan Luka-luka

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa pertunjukan itu memiliki jangkauan yang luar biasa, sekitar 80 persen anak-anak dan orang tua yang memiliki akses ke jaringan siaran mendengarkan dan menonton Baghch-e-Simsim.

Di Afghanistan yang didominasi laki-laki konservatif, orangtua cenderung memilih dan berinvestasi lebih banyak dalam pendidikan dan masa depan anak laki-laki.

Belanja Online Jadi Tren di Afghanistan Gara-gara Teror Bom

Pusat Penilaian Risiko dan Kerentanan Nasional menerbitkan sebuah laporan yang menunjukkan bahwa hanya 66 persen anak laki-laki dan 37 persen anak perempuan berusia antara 15-24 tahun di Afghanistan dapat membaca dan menulis.

Massood Sanjer, kepala Tolo TV, yang mengudara di Afghanistan, berharap bahwa pertunjukan tersebut akan mendorong perubahan sosial dan "secara tidak langsung akan mengajarkan anak-anak untuk mencintai saudara perempuan mereka" dan memberikan gagasan bahwa pendidikan menguntungkan semua orang.

Para kerabat korban ledakan berkumpul di luar rumah sakit Kota Kabul. - EPA

Ketika Bom Meledak di Pesta Pernikahan, 63 Orang Meregang

Sebuah bom meledak di sebuah pesta pernikahan di ibu kota Afghanistan, Kabul, menewaskan 6

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2019