Agar Bebatuan Taman Tetap Cantik Bebas Kusam

Batu taman
Sumber :
  • Pixabay/ sarajuggernaut

VIVA.co.id – Mempercantik taman dengan bebatuan alam, seringkali dilakukan. Namun, terkadang saat terlalu lama terkena panas dan hujan, batuan tersebut akan mudah berlumut.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Bebatuan pada taman, idealnya dapat bertahan antara delapan hingga 12 bulan lamanya. Setelah itu, batuan pun perlu dikuras dan dibersihkan.

Penjual dan jasa pembuatan taman hias, Heri Alam mengungkapkan, ada cara khusus untuk melakukan pembersihan pada batu-batuan. Khususnya, untuk batu-batuan yang memiliki warna putih dan hitam maupun krem.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

"Kita untuk itu (membersihkan batu-batuan) ada obat, atau cat khususnya, yaitu pernis batu alam," kata Heri kepada VIVA.co.id.

Menurutnya, setelah delapan hingga 12 bulan setelah pembelian, batu-batuan itu akan menjadi kusam dan kotor. Sehingga, perlu dibersihkan agar menjadi seperti baru kembali.

Permudah Kepemilikan Hunian, Bank Mandiri Teken Kerjasama dengan APERSI

Adapun obat atau cat khusus itu bisa didapatkan pada toko-toko bebatuan, atau yang berkaitan dengan jasa taman hias. Cara pemakaiannya, dalam satu liter obat, atau cat itu langsung diaplikasikan tergantung kapasitas batu dalam ruang.

Oleskan obat, atau cat itu menggunakan kuas ke batu-batu tersebut. "Ketahanan untuk pemakaian obat, atau cat ini pun mencapai delapan hingga 12 bulan, seperti saat awal beli hingga harusnya masa pembersihan," kata Heri. (asp)

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek revitalisasi pascabencana tsunami tahun 2018 silam.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024