Taman Kolam Ala Bali Cocok Bagi Rumah Bergaya Minimalis

Taman Kolam Hias Bali
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Untuk menambah suasana sejuk dan sentuhan alam, biasanya taman buatan menjadi pelengkap dekorasi ruangan.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Taman buatan ini tak hanya bisa diaplikasikan pada rumah dengan halaman luas, namun bisa juga diaplikasikan pada pada rumah-rumah bergaya minimalis yang biasanya dilengkapi dengan sentuhan gemericik air dan konsep terkait alam.

Berdasarkan jenisnya, ternyata pembuatan taman kolam hias dikategorikan menjadi dua. Yakni taman dengan kolam berkonsep Bali dan model tebing. Taman kolam hias dengan konsep Bali, saat ini sedang tren dan banyak diminati. Sedangkan taman kolam dengan konsep tebing, cukup lama menjadi favorit banyak orang.

Makin Sulit Dapat Hunian yang Layak di Jakarta, Ini Sebabnya

Kedua jenis taman kolam hias ini memiliki persamaan bisa dipadu padankan juga dengan ragam tanaman hias, pepohonan, dan kolam buatan. Yang membedakannya hanya pada taman kolam hias bali, dibuat rata tanpa tebing.

"Jatuhnya (jenis) kolam Bali. Kalau yang model lama sih, ada tebing-tebing jatuhnya. Kolam Bali lebih elegan, lebih bagus," kata Heri Alam, seorang pedagang dan jasa pembuatan tanaman hias di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Anak Jaksel Boleh Seneng! Kawasan Senopati Dipercantik Lampu Estetik Bergaya Arsitektur Eropa

Lebih lanjut, Heri menjelaskan kepada VIVA.co.id, untuk kolam Bali, biasanya cenderung berukuran 2 meter x 2,5 meter yang sama dengan ukuran 21 meter. Karena, itu dengan ukuran tersebut taman cocok dibuat dalam bentuk lingkaran.

"Untuk lebar dua meter, dengan kedalaman kemungkinan 60 sentimeter," kata Heri.

Sedangkan harga untuk membuat taman hias dengan konsep-konsep kolam, sangat beragam dengan bentuk yang menyesuaikan.

Untuk nuansa tebing ini, Anda cukup merogoh kocek mulai Rp1,5 juta hingga belasan juta. Namun, untuk konsep kolam Bali cukup mahal, yakni kisaran belasan hingga Rp27 juta.

Konsep desain taman tebing

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya