Khansa, Bocah Cilik Pertama Penakluk 7 Puncak Tertinggi

Khansa penakluk 7 puncak gunung tertinggi Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Jika kebanyakan usia anak-anak masih senang bermain di taman, Khansa Syahlaa, gadis cilik berusia 10 tahun ini tidak demikian. Mainannya gunung. Bahkan ia sudah berhasil mencapai salah satu puncak gunung tertinggi dunia, Cartenz Pyramid.

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Dan, tepat pada 15 Juli 2017 lalu, anak kedua dari tiga bersaudara ini berhasil menuntaskan perjalanan menuju tujuh puncak tertinggi di Indonesia. Ia berhasil menginjakkan kaki di gunung dengan ketinggian 4.884 mdpl, yang berada di Papua.

"Paling berat di gunung Cartenz. Tantangannya lebih besar, lebih panjang perjalanannya pakai tali-talian. Cuacanya di sana dingin, hujan salju juga tapi Alhamdulillah lancar, " ungkap gadis kelahiran, Jakarta 16 Maret 2006, saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa 18 Juli 2017.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Dia juga mengungkapkan, selama perjalanannya, banyak hal yang membuatnya tertarik akan keindahan alam dan kekayaan hutan Indonesia. Tidak hanya itu, berkat perjalanannya, dia juga mendapatkan julukan sebagai Pendaki Cilik Wanita Pertama yang menjadi Summiter of Indonesia.

Menurut Aulia Ibnu, sang ayah, inspirasi terbesar Khansa untuk menjelajah ke gunung tertinggi di dunia ialah karena film 5 cm.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

"(Pertama) ngajak ke Semeru, kemudian ke Kerinci. Dari Kerinci itu, dia bilang Khansa mau nyelesaikan nih summit-summit di Indonesia. Jadi ide itu lahir dari Khansa sendiri bukan dorongan orangtuanya," ungkap Aulia ditemui di tempat yang sama.

Meski demikian, Aulia tak dapat memungkiri, bahwa bakat dan kecintaan anaknya mendaki gunung memang diwarisi dari dirinya. Aulia memang gemar naik turun gunung. Hingga akhirnya Khansa mencari tahu sejumlah pendaki-pendaki dunia.

"Jadi (pencapaian) ini adalah modal awal untuk menyelesaikan Summit dunia nanti," kata Aulia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya