Bagaimana Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku?

Ilustrasi kuku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mungkin, banyak dari Anda memiliki kebiasaan menggigiti kuku jari tangan. Namun, tak sedikit pula yang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang aneh dan mungkin menjijikkan.

8 Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat, No 7 Harus Dihindari

Tony Bartone dari Australian Medical Association, seperti dikutip dari laman Nine, Rabu 26 Juli 2017, mengungkapkan, menggigit kuku bukanlah kebiasaan random yang datang begitu saja, atau bahkan disangkutpautkan dari kebiasaan sejak kecil. 

Ia mengatakan, ini terjadi lantaran ada suatu yang dirasakan oleh penderitanya, atau dengan kata lain berhubungan dengan faktor psikologis. Lalu, apakah kebiasaan itu bisa hilang?

Suka Menggigit Kuku? Awas Ada Dampak Buruknya

"Ini bisa menjadi tanda masalah psikologis atau emosional. Tetapi, itu bukan keluhan yang biasa diajukan (kepada dokter) dan dalam hal berhenti, benar-benar tidak ada cara spesifik yang bisa menghilangkan kebiasaan ini," kata Tony.

Bisa saja, Anda terhindar dari kebiasaan itu dengan menggunting kuku secara teratur. Karena umumnya, mereka yang hobi menggigit kuku, lantaran kuku yang tak terurus dalam jangka waktu yang lama.

Alasan di Balik Suka Menggigit Kuku dan Cara Menghentikannya

Selain menggunting kuku, Anda juga bisa menghias kuku, agar lebih cantik dan terlihat rapih. Dengan begitu, Anda akan merasa tidak tega jika kuku itu digigiti.

Ilustrasi menggigit kuku, sakit gigi

6 Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku, Kurang-kurangin Deh!

Tahukah kamu bahwa di balik kebiasaan yang mungkin tampak sepele ini terdapat potensi bahaya yang sebaiknya tidak diabaikan? Ini Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2023