Sering Main HP saat Menunggu Bikin Orang Tak Percaya Diri

Ilustrasi wanita bermain handphone.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Bagi banyak orang di dunia, ponsel pintar barangkali menjadi penyelamat di kala Anda sedang berada di tempat asing tanpa satu orang pun yang Anda kenal. Ya, ponsel pintar memang sering dimanfaatkan orang agar mereka terlihat sibuk ketimbang bengong dan merasa canggung. 

Happy Salma Beri Tips Agar Lebih Menawan Saat Mengenakan Perhiasan

Ya, kebiasaan ini bisa terjadi di mana saja. Kereta, bis, ruang tunggu, saat mengantre dan masih banyak lagi. Namun, ternyata ada fakta menarik yang sebetulnya tidak menyenangkan di balik kebiasaan tersebut. 

Dilansir dari laman Daily Meal, Kamis, 27 Juli 2017, gerakan sepele seperti menunduk menatap ponsel juga dapat memengaruhi suasana hati. Kebiasaan ini berpotensi menurunkan rasa percaya diri Anda dan menyebabkan Anda merasa lebih canggung. 

Rahasia Terungkap! Ternyata Begini Aroma Tubuh Putri Marino yang Bikin Fans Penasaran

Anda tentu sudah tahu bawah saat melihat layar ponsel, Anda harus membungkuk dan postur tubuh mengikuti arah pandangan mata, sehingga leher Anda tertekuk. Tidak hanya membuat leher Anda terasa kaku, postur ini akan juga dapat memicu efek yang lebih buruk. 

Postur tersebut dikatakan memiliki efek yang luar biasa terhadap kondisi jiwa Anda. Postur membungkuk dan kepala tertekuk secara tidak disadari akan membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Gak Cuma Penunjuk Waktu, Pakai Jam Tangan Ternyata Punya Efek Psikologis Lho

Fenomena ini sudah diteliti sebelumnya oleh para peneliti di University of Auckland. Dari studi tersebut diketahui bahwa mereka yang membungkuk mengalami penurunan rasa percaya diri dan suasana hati secara signifikan. Tak hanya itu, mereka juga memiliki ketakutan yang lebih tinggi saat berada dalam situasi sosial yang tidak menyenangkan. 

Bahkan kebiasaan membungkuk ini juga memengaruhi mereka saat sedang berkelompok. Mereka yang sering membungkuk merasa tidak nyaman dan tidak akrab dengan orang lain ketimbang mereka tetap tegap berdiri dan jarang membungkuk bermain ponsel.

Dalam sebuah tinjauan singkat yang dimuat dalam New York Times, semakin Anda menunduk, menatap ponsel, maka semakin berkurang rasa percaya diri Anda, dan Anda bahkan merasa tekanan dari lingkungan semakin tidak menyenangkan. 

Solusinya, tidak perlu menunduk saat mengecek ponsel Anda. Posisikan ponsel sejajar dengan kepala Anda, meskipun akan terlihat aneh. 

Cara terbaik untuk menghindari kecanggungan adalah dengan tidak mengalihkan perhatian pada ponsel sama sekali. Berdirilah dengan tegap. Anda bisa mengajak bicara orang yang ada di dekat Anda, atau tetap diam dan tersenyum sesekali pada mereka yang lalu lalang. Selain mengasah rasa percaya diri, setidaknya Anda kemungkinan mendapat teman baru dengan cara seperti ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya