Cara Tepat Ungkapkan Kabar Duka Kepada Keluarga

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Luxstorm

VIVA.co.id – Apa jadinya saat dokter mendiagnosa bahwa hidup Anda hanya sisa beberapa bulan saja? Haruskah menceritakannya pada keluarga secepat mungkin dan bagaimana cara mengungkapkan kabar duka tersebut?

Anjar Nugroho Meninggal, Haedar Nashir Ungkap Perjuangannya

Dilansir dari laman Star2, pemilik Resilient Grieving, dr. Lucy Hone, memberikan tips bagaimana cara menceritakan kabar duka tersebut pada keluarga. Lucy menuturkan, tahapan pertama saat ingin memberikan kabar duka yaitu ajak mereka bertemu di tempat yang nyaman.

Katakan pada keluarga terdekat, bahwa Anda membutuhkan dukungannya dalam bentuk materil dan psikis. Jujur pada keluarga jika Anda membutuhkan seseorang untuk membantu memasak di rumah atau saat Anda butuh seseorang untuk mengantar ke rumah sakit.

Video Menyayat Hati, saat Supriyadi Gendong Mayat Husein

Selain itu, menurut direktur Center for Loss and Life Transition, dr. Alan Wolfelt, sebaiknya beritahukan informasi tersebut secepatnya. Keluarga harus tahu kabar duka tersebut dari jauh-jauh hari.

Dengan melakukan komunikasi terbuka sejak awal dengan keluarga, maka Anda dan keluarga bisa saling memberikan dukungan. Biarkan ragam pertanyaan dari keluarga, untuk diucapkan dan usahakan menjawab dengan setenang mungkin.

Miris, Ayah Gendong Jasad Anak karena Tak Boleh Gunakan Ambulans

Cara terakhir yakni biarkan keluarga mengatasi perasaan duka tersebut dengan caranya sendiri. Biarkan mereka mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitarnya untuk dapat menguatkannya, usai mendengar kabar duka dari Anda. 

Mantan Menteri Negara Urusan Pangan Beddu Amang

Kabar Duka, Mantan Menteri Pangan Beddu Amang Meninggal Dunia

Kabar duka, Beddu Amang Meninggal dunia. Ia tercatat sebagai Menteri Pangan juga menjabat Kabulog pada periode 1995-1998.

img_title
VIVA.co.id
9 Januari 2021