Restoran Ini Pekerjakan Pengidap HIV/AIDS Sebagai Juru Masak

Ilustrasi juru masak restoran.
Sumber :
  • Pixabay/RestaurantAnticaRoma

VIVA – Jika beberapa waktu lalu sebuah restoran di Jepang mempekerjakan pengidap demensia dan Alzheimer’s sebagai pelayan, kini sebuah restoran pop-up di Toronto, Kanada, menggunakan konsep serupa.

Bantah Tudingan Venny Alberti Tularkan Penyakit Kelamin, Akash Elahi: Saya Siap Tes HIV Lagi

Bukan pengidap demensia atau Alzheimer’s, melainkan HIV/AIDS yang jadi pelayan di restoran ini. Tujuannya sama, yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa virus HIV tidak mudah menular.

Dilansir dari laman Food Beast, Senin, 13 November 2017, setiap pelayan di restoran ini mengenakan apron atau celemek dengan tulisan seperti 'Think you can get HIV from food? Bite me' atau 'Kiss the HIV + Cook'.

Venny Alberti Ngaku Kena PMS, Akash Elahi Bingung Sudah Lama Tak Berhubungan dengan Istrinya

Seluruh pelayan yang berjumlah 14 orang ini dilatih memasak oleh seorang juru masak bernama Matt Basile dari sebuah bar bernama Lisa Marie di Toronto, Canada. Merekalah yang kemudian akan memasak dan menyiapkan seluruh hidangan pada pengunjung.

Restoran ini dihadirkan oleh Casey House, sebuah rumah sakit swasta untuk pengidap HIV/AIDS. Hidangannya sendiri dijual dengan harga US$125 atau Rp1,7 jutaan.

Akash Elahi Bantah Tudingan Venny Alberti Soal Penyakit Seks: "Fitnah Kejam!"

Sebagai informasi, HIV hanya dapat menyebar melalui cairan tubuh melalui aktivitas seksual, jarum suntik, menyusui (meskipun kasus ini jarang terjadi), seks oral dan transfusi darah. Kemungkinan lain, dua orang dengan gusi berdarah berciuman dan virus menyebar melalui aliran darah.

Virus ini tidak menyebar melalui air liur, artinya virus HIV tidak bisa menyebar melalui makanan. Meskipun makanan Anda ditetesi darah atau terciprat air liur pengidap HIV, ketahuilah bahwa virus ini tidak bisa masuk melalui saluran pencernaan.

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Membuka bungkus kondom sendiri kata dia, tidak boleh menggunakan gigi atau mulut. Sebab bisa berisiko kondom tersebut menjadi sobek

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024