Ketua Adat Lakukan Sidang Maralok Alok bagi Kahiyang-Bobby

Peserta pesta adat sedang menggelar tarian tor-tor.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Sidang adat Maralok Alok pada acara Ngunduh Mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, baru saja selesai dilakukan. Sidang adat ini merupakan prosesi di mana para tetua adat dan raja-raja berkumpul untuk berdiskusi dan membahas tentang kelanjutan rangkaian acara yang akan berlangsung esok hari, Sabtu, 25 November 2017.

Ayunya Lima Seleb Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan

Ediwardo Ritonga, salah satu pengurus pusat Marga Ritonga sedunia, mengungkapkan bahwa selesainya Maralok Alok menandakan bahwa seluruh raja dan tetua adat merestui berlangsungnya acara adat esok hari.

"Hasil Maralok Alok tadi artinya bahwa seluruh marga yang mewakili dan seluruh penduduk yang ada di Sumatra Utara ini memberikan sepenuhnya dukungan terhadap acara adat Bobby dan Kahiyang. Sehingga lengkap sudah pelaksanaan prosesi hari ini," ujarnya kepada tvOne, Jumat malam, 24 November 2017.

Menteri Kabinet Kerja Bahas Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Setelah selesainya acara adat Maralok-Alok yang tadi diiringi senandung khas Tapanuli, kini pihak penyelenggara akan menyiapkan prosesi Manortor sesi kedua.

"Manortor akan dibuat per sesi dan dilakukan semalam suntuk untuk terus melakukan kegembiraan semangat untuk acara adat ini sebagaimana yang kami lakukan untuk pesta adat lainnya," ujar Ediwardo. 

Jokowi Minta Maaf ke Warga Medan 

Tortor adalah tarian kebanggaan suku Batak. Tarian ini tak pernah absen di berbagai acara adat masyarakat di Sumatra Utara, termasuk dalam acara pernikahan. (ase)

Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw.

Gawe Jokowi Aman, Kapolda Sumut Dapat Apresiasi

Pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2017