Trik Jepretan Kece Ala Mom Zaman Now

Tamu meminta Gibran berfoto Selvi di Pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution/ Medan

VIVA – Zaman media sosial dan tren gawai tentunya membuat kaum wanita, para ibu sekali pun, gemar mengunggah foto. Namun, tak sedikit yang kebingungan dalam mengambil gambar yang kece dan sedap dipandang.

Merinding, Beredar Gambar yang Diduga Penampakan Seorang Youtuber Cantik Swafoto dengan Setan

Food and Product Photography, Sefa Firdaus, menjelaskan 7 langkah mudah menghasilkan jepretan kece untuk para ibu kekinian, meski hanya dengan kamera smartphone.

1. Kenali HP

Unggah Video Aniaya Anak di Medsos, Ibu Muda di Toraja Kicep Didatangi Polisi

Coba semua fitur yang ada di kamera gawai Anda. Kemudian, aktifkan garis bantu atau grid line di layar kamera. Setelahnya, pilih resolusi kamera yang terbesar.

"Lensa jangan lupa sering dibersihkan agar tidak blur, bisa pakai kain pembersih lensa kacamata. Terakhir, jangan gunakan flash," ujar Sefa ditemui dalam acara Menggali Potensi Bunda di Era Digital dalam Mendukung Generasi Maju, di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu, 16 Desember 2017.

Viral Nikahan Modal Uang Orang Tua, Suami Suvia Gassanie Malah Selingkuh dan KDRT

2. Kenali Produk

Saat mengambil sebuah foto produk, kenali keunggulan dari barang itu. Dengan begitu, pengambilan foto diambil dari posisi unggul tersebut.

"Misal bolu kukus, juaranya di mekar bagian atas, maka ambil angle-nya dari mekarnya itu. Pada bunga, ambil merekahnya kelopak bunganya itu," ujarnya menjelaskan.

3. Siapkan background

Kalau bisa background gelap dan polos dipakai saat produknya warna-warni. Hal ini untuk menonjolkan produk yang diambil.

4. Pencahayaan

"Fotografi itu bagaikan melukis dengan cahaya."

Nah, sumber cahaya ada dua yakni alami dari matahari dan buatan dari lampu. Jika memakai matahari, kenali waktu tertentu di saat cahayanya sangat baik. Sementara, penggunaan lampu bisa menggunakan bohlam lampu LED.

5. Komposisi

Rule of third

Ambil sepertiga bagian di samping kanan atau kiri serta atas dan bawah. Produk yang ingin ditonjolkan, ditaruh di titik pertemuan grid line.

Off center

Sedikit ke tengah dengan negative space. Artinya, semua menjadi bidang kosong kecuali bagian tengah cenderung ke samping atau pojok. Ini dilakukan agar mata orang lebih terfokus dengan produk serta minim properti.

Center

Ini paling mudah, karena hanya dengan menempatkan produk di bagian tengah gird line. Namun, foto dengan komposisi ini cenderung membosankan karena selalu terpusat di tengah foto.

6. Detail

Detail dari produk harus mampu diekspos. Untuk itu, kenali produk sangat penting. Selain itu, minimalisasi pemakaian properti yang tidak sesuai dengan produk.

7. Styling

Pahami konsep foto terlebih dahulu. Salah satu contoh dengan produk make-up. Berikan tambahan properti seperti syal atau jilbab serta bros untuk menemani produk make-up. Dengan begitu, kisah atau cerita suatu produk semakin menyatu dan memperkuat foto.

Setelahnya, lakukan proses edit foto dengan menambahkan sedikit cahaya yang dibutuhkan. Jangan lupa, tambahan warna yang seimbang agar lebih menarik dilihat. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya