7 Perayaan Malam Tahun Baru Paling Aneh di Dunia (Bagian I)

Buah anggur.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA – Dalam beberapa jam lagi, masyarakat dunia akan meninggalkan tahun 2017. Umumnya, pada momentum pergantian tahun tersebut, seluruh masyarakat akan melakukan beragam aktivitas seperti parade kembang api, parade budaya hingga parade musik.

Jakarnaval, Parade Kreatif yang Memukau di Perayaan Malam Muda Mudi Jakarta

Selama kegiatan tersebut pun masyarakat larut dalam suka cita perayaan. Tapi ternyata ada beberapa negara di belahan bumi lainnya yang tidak merayakan pergantian tahun dengan cara seperti itu.

Mereka malah melakukan beragam tradisi unik dan bahkan aneh, yang dianggap dapat membawa keberuntungan, kemakmuran, dan harapan baik lainnya untuk tahun baru.

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Lalu, negara mana sajakah yang melakukan perayaan tersebut? Berikut ini 7 negara yang melakukan ritual aneh saat menyambut Tahun Baru, dilansir dari laman Metro.co.uk, Minggu, 31 Desember 2017.

Spanyol

Nyanyi Lagu Rhoma Irama, Pesona Ariel NOAH Gegerkan Pantai Carnaval Ancol

Masyarakat Spanyol memiliki tradisi cukup unik saat pergantian tahun. Tepat pada pukul 00.00 mereka akan memakan 12 buah anggur, pada setiap kali jam berbunyi. Jika mereka berhasil menyelesaikan tantangan ini, dipercaya masyarakat akan beruntung dan sukses di masa depan.

Kolombia

Pada pergantian tahun, masyarakat Kolombia biasanya akan mengelilingi blok di sekitar tempat tinggal mereka sambil membawa sebuah koper kosong.

Denmark

Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat Denmark untuk menyambut tahun baru. Melompat dari kursi misalnya, atau menghancurkan piring di pintu depan orang yang dicintai, hingga menonton sketsa komedi Dinner For One.

Rumania

Pada periode Natal hingga Tahun Baru, masyarakat Rumania akan menggelar ritual menari dengan kulit beruang asli. Tradisi ini dianggap sebagai cara untuk mengusir roh-roh jahat. Sebagai bagian dari sebuah parade, para peserta akan berguling dan 'mati' sebelum bangkit untuk menandakan datangnya musim semi.

Skotlandia

Pada malam perayaan Tahun Baru, masyarakat Skotlandia akan menggelar perayaan Hogmanay. Perayaan ini merupakan tradisi di mana orang akan mengundang temannya untuk melakukan jamuan makan malam.

Bagi orang pertama yang datang ke rumah yang diundang, mereka harus memberikan segumpal batu bara. Selain batu bara, mereka pun harus membawa garam, shortbread, sanggul hitam hingga wiski.

Tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Skotlandia ini diharapakan bisa membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

Finlandia

Finlandia pun memiliki tradisi unik saat perayaan Tahun Baru. Mereka biasanya akan membuang timah. Setiap orang diberi sejumlah kecil timah yang kemudian dilebur dan dibuang dengan cepat ke dalam ember berisi air dingin. Bentuk yang dihasilkan kemudian ditafsirkan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di tahun yang akan datang.

Afrika Selatan

Saat pergantian tahun, masyarakat Afrika Selatan akan melakukan tradisi membuang furnitur lama mereka dari jendela pada malam Tahun Baru. Ini adalah cara untuk memulai tahun baru di Johanesburg. Namun, kini praktik tersebut telah dilarang. Pada malam Tahun Baru, polisi pun berpatroli di jalan-jalan untuk menangkap siapa pun yang masih melemparkan sampah dari jendela. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya