4 Cara Agar Tetap Produktif Bekerja di Rumah

Ilustrasi bekerja.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bekerja di rumah mungkin terasa sempurna, karena Anda dapat bangun 10 menit sebelum mulai bekerja, tidak perlu khawatir akan pakaian, dan tidak perlu khawatir akan kemacetan lalu lintas. Anda juga bisa lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Intip Jenis Pekerjaan di Rumah yang Menghasilkan Uang

Namun bekerja di rumah tidak selalu tampak mudah. Karena ketika bekerja di rumah akan tercipta rasa santai yang mendalam, yang dapat menurunkan produktivitas ketika bekerja. 

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut adalah tips-tips untuk menjaga keproduktivitas saat bekerja di rumah, seperti dilansir dari Entrepreneur, Jumat 5 Januari 2018.

Tujuh Strategi Sukses Bekerja dari Rumah

1. Bangun lebih pagi

Apakah Anda tahu membutuhkan waktu dua jam untuk tubuh menyesuaikan tingkat konsentrasi dan bangun sepenuhnya setelah tidur malam. Karenanya meski Anda bekerja di rumah sebaiknya bangun dua jam lebih awal sebelum bekerja. 

Lima Bekal Penting agar Sukses Bekerja di Rumah

Setelah bangun pagi Anda bisa melakukan ritual harian terlebih dahulu, seperti berolahraga, membuat sarapan atau membersihkan rumah. Dengan demikian saat waktunya bekerja, Anda sudah siap dan fokus pada pekerjaan. 

2. Membuat rencana harian

Buat rencana harian akan apa yang ingin Anda lakukan, dan apa saja yang ingin Anda capai pada hari itu. Buatlah jadwal bekerja mulai dari pagi hingga sore hari. Buatlah jadwal istirahat juga, agar Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu bekerja atau pun beristirahat. Dengan begitu aktivitas akan terjaga keseimbangannya, dan tubuh akan lebih segar, serta bersemangat.

3. Jangan bekerja di sofa

Ketika duduk di sofa akan memberikan perasaan nyaman pada diri Anda. Anda dapat saja merasa terlena dan menjadi malas untuk bekerja. 

Hindari juga bekerja di dalam ruangan yang terdapat televisi, karena akan mengganggu konsentrasi Anda. Sebaiknya bekerja di sebuah ruangan kerja sendiri, dengan peralatan bekerja yang lengkap, sehingga Anda dapat lebih fokus untuk bekerja di rumah.

4. Buat rencana setelah bekerja

Bekerja di rumah memang dapat membuat seseorang merasa malas. Namun bekerja di rumah juga membuat seseorang menjadi lupa akan waktu, karena tidak ada batasan waktu untuk bekerja, dan menjadi kurang untuk bersosialisasi dengan sekitar karena terlalu asik bekerja. 

Beda halnya ketika bekerja di kantor, yang menerapkan kapan jam masuk dan pulang bekerja. Karenanya agar tidak memaksakan diri, buatlah jadwal untuk menenangkan diri Anda dan bersosialisasi dengan orang lain. Seperti membuat jadwal gym untuk berolahraga, hingga menyusun waktu untuk bepergian bersama dengan keluarga atau teman

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya