Takut Ketipu Saat Belanja Online, Ini Tips Menghindarinya

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Transaksi belanja online, kini menjadi aktivitas belanja yang praktis dan mulai banyak disukai konsumen. Namun, tidak sedikit juga konsumen yang enggan melakukan transaksi belanja lewat situs belanja online.

Doyan Belanja Online, Agnez Mo Kasih Tips Supaya Gak Gampang Ketipu

Salah satu masalah utamanya, karena kerap terjadinya penipuan yang dilakukan oleh para online shop nakal.

Hal ini, tentu membuat para pembeli trauma dan enggan melakukan transaksi secara online. Namun, hal itu sesungguhnya bisa dihindari jika mengetahui tips dan trik yang tepat saat belanja online. Salah satunya, ialah dengan memilih penjual yang memiliki garansi terhadap produk yang dijual.

Tips Terhindar dari Implusive Buying saat Belanja Baju

Biasanya, situs belanja online yang menawarkan garansi, jika pembeli sudah membayar tunai, namun barang tidak juga datang, pemilik situs belanja online itu pun akan mengembalikan uang yang dikirimkan.

"Misal pembeli sudah bayar,  pasti akan dapat barangnya, misal tidak mendapat barangnya akan ditransfer balik," ungkap Monica Vionna, marketing manager Shopee Indonesia, saat ditemui usai peluncuran Kampus Shopee 2018, Selasa 16 Januari 2018.

Belanja di Pasar Tradisional Bisa Online? Ini Kata Kementerian BUMN

Hal yang sama, lanjut Monica, juga terjadi dari sisi penjual. Penjual baru akan mendapatkan uangnya, jika barang yang dibeli sudah dikirimkan. Dan, jika pembeli tidak dapat ditemukan, uang akan kembali ke penjual.

"Cuma saya juga mengerti kadang orang takut, makanya Shopee masuk dan mengedukasi pembelinya sendiri. Jadi, kita selalu mengedukasi dan mengirimkan imbauan-imbauan," kata dia.

Misalnya saja, dengan melihat rating dari seorang penjual. Menurut Monica, jika seorang penjual memiliki rating dan tanggapan yang bagus, serta cepat membalas para pembeli, hal itu bisa dijadikan acuan untuk memilih penjual saat belanja online.

"Jadi, kalau dilihat di profil, itu semua terlihat dengan jelas. Jadi, itu salah satu untuk meminimalisir  jenis penipuan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya