Ada 100 Jenis Rematik, Kenali Cirinya

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Menderita nyeri otot dan nyeri sendi memang tidak enak. Kaki dan tangan terasa nyeri hebat, hingga aktivitas jadi terganggu. Nyeri sendi dan otot kita kenal dengan istilah 'rematik' kondisi ini terjadi akibat peradangan dan pembengkakan yang dialami sendi dan otot. 

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Rematik sendiri memiliki lebih dari 100 jenis. Namun ada beberapa jenis rematik yang paling umum terjadi, salah satunya adalah Rheumatoid arthritis merupakan jenis penyakit rematik yang biasanya menyerang persendian tangan dan kaki.

Gejalanya adalah terjadi peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan seringkali akhirnya menyebabkan kerusakan bagian dalam sendi Secara simetris. Rematik jenis juga banyak dialami oleh pada wanita daripada pria dimulai dari usia 25 tahun. 

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Jenis penyakit rematik ini biasanya akan disertai rasa demam, penurunan nafsu makan yang drastis, depresi hingga penurunan berat badan.

Topik kesehatan lainnya yang menarik adalah mengenai manfaat bawang bagi kesehatan. Bumbu masak yang hampir digunakan pada setiap menu masakan ini juga nyaris kita konsumsi setiap hari. Adakah manfaatnya bagi kesehatan?

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain untuk bumbu masakan, bawang merah memang sering kali digunakan untuk pengobatan.

 Bawang merupakan sumber makanan kaya quercitin, flavonoid antioksidan kuat yang telah terbukti untuk menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, dan melawan asma, bronkitis  kronis, demam, aterosklerosis dan infeksi dan bahkan terkait  untuk menghambat beberapa jenis kanker.

Manfaat bawang merah lainnya yang saat ini kembali banyak diterapkan ibu-ibu muda adalah menyimpan irisan bawang di pojok ruangan ketika anaknya sakit. Hal ini bertujuan untuk membersihkan hawa dari virus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit termasuk flu. lalu bagaimana tentang mitos dan fakta tentang kesehatan bawang yang beredar di masyarakat?

Topik mengenai rematik dan bawang akan dikupas tuntas dalam program tayangan AYO HIDUP SEHAT yang live di tvOne pada Rabu 24 Januari 2018, pukul 13.00-14.00 WIB.

Acara tersebut akan dipandu host dari kalangan medis yatu dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM)
 dan dr Sheila Salsabila BMedSc. Selain itu acara ini juga mendatangkan pakar yang berkompeten dibidangnya.

Pada tema 1 'Rematik' akan dibahas oleh  dr. Rudi Hidayat, Sp.PD-KR, FINASIM, sedangkan pada tema 1 'Mitos Fakta Bawang' akan dikupas tuntas oleh ahli gizi Dr Marya W Haetono, MGizi. SpGK.

Anda juga dapat menyaksikan tayangan AYO HIDUP SEHAT, lewat streaming di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya