Peningkatan Lansia, Picu Angka Penyakit Jantung Bertambah

Ilustrasi detak jantung.
Sumber :
  • Pixabay/Inspiredpictures

VIVA –  Sebanyak 87 persen kematian terjadi akibat dari salah satu gangguan pada jantung, yang disebut aritmia. Ternyata, angka lanjut usia yang terus meningkat, membuat kasus aritmia terus menerus bertambah tiap tahunnya.

Wanita Lansia di Jaksel Ngaku Diperkosa Handphone, Diduga Halusinasi

Perlu diketahui, aritmia merupakan kondisi di mana irama detak jantung tidak teratur yang asalnya bukan dari arus listrik tubuh secara normal. Di Indonesia, kasus aritmia cukup tinggi yakni 87 persen kematian mendadak mengalami aritmia.

"Salah satu kondisi aritmia yang paling sering, dikenal dengan nama fibrilasi atrium. Kondisi ini berkaitan erat dengan umur, di mana kondisi usia lanjut membuat peningkatan kasus aritmia terjadi," ujar spesialis jantung, dr. Dicky Armein, SpJP(K), di RS Harapan KIta, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2018.

Dokter Ungkap Penyebab Tulang Jadi Keropos, Salah Satunya Jarang Aktivitas Fisik

Berdasarkan studi epidemiologi jangka panjang dalam Framingham Heart Study, melibatkan 5209 partisipan, bahwa dalam periode 20 tahun, angka kejadian Fibrilasi Atrium adalah 2,1 persen pada pria dan 1,7 persen pada perempuan. Hasil lain dari studi ini, menemukan bahwa presentasi populasi usia lanjut di Indonesia yang terus meningkat, berdampak pada kasus aritmia.

"Di tahun 2000, kasus fibrilasi atrium sebesar 7,7 persen. Di 2050, menjadi 28,6 persen. Usia lanjut yang semakin banyak ini menjadi salah satu faktor meningkatnya kejadian fibrilasi atrium," ucapnya lagi.

Viral Detik-detik Lansia di Makassar Meninggal Dunia Usai Ikuti Lomba Tadarus Al Quran

Sementara itu, pada studi lain yang dilakukan pada kaum urban di Ibu Kota Jakarta, angka kejadian fibrilasi atrium ada sebesar 0,2 persen dengan rasio pria dan wanita 3 banding 2. Untuk itu, pemeriksaan nadi sendiri disarankan sebagai langkah deteksi dini.

"Penelitian mengungkapkan, dengan meraba nadi sendiri, khususnya pada lansia yang dilakukan secara rutin, bisa mencegah terjadinya fibrilasi atrium. Dengan begitu, pencegahan pada kelumpuhan maupun kematian mendadak bisa dilakukan secara dini."

Ilustrasi mayat

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Amsiah lansia berusia 75 tahun, warga Kecamatan Cilondong, Depok tewas usai tertimpa atap rumah yang ambruk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024