Awas, Menahan Bersin Bisa Berakibat Fatal

Ilustrasi bersin.
Sumber :
  • pixabay/publicdomainpictures

VIVA – Bersin merupakan suatu hal yang alami terjadi pada tiap orang. Meski terkesan jorok, saat bersin di muka umum, ternyata menahan bersin justru bisa berakibat fatal.

Allah Benci Orang yang Menguap dan Mencintai Bersin

Banyak orang menahan bersin, karena ingin menghormati lingkungan di sekelilingnya. Mereka memilih menahan bersin, agar tidak terlihat jorok, namun menahannya terlalu sering bisa sangat berbahaya untuk tubuh.

Dilansir dari laman Reader's Digest, Jumat 26 Januari 2018, saat sebuah stimulus berupa benda yang masuk ke hidung, tubuh memiliki insting untuk segera menghalaunya. Cara mengeluarkan benda tersebut, tentu saja melalui bersin, agar saluran napas tetap berfungsi dengan normal.

Benarkah Bersin Tanda Tertular COVID-19?

Berdasarkan teori, ukuran hidung dan kapasitas paru-paru seseorang dapat menampung kecepatan bersin 161 hingga 805 kilometer per jam. Jadi, saat bersin ditahan, terlebih dengan menutup hidung dan mulut, udara yang seharusnya keluar, justru akan membuat kerusakan di sekitarnya yang bisa berakibat buruk.

"Jika Anda mencoba menekan udara yang timbul dari paru-paru, itu dapat mengakibatkan kerusakan telinga area tengah, tempat tulang pendengaran," ujar Direktur The ENT Institute, Atlanta, Jeffery Gallups.

Bersin Ibarat Bom Atom Mini yang Meledak Lebih dari 2 Meter

Ia menjelaskan, menahan bersin yang memiliki kecepatan begitu kuat, dapat mendorong udara menuju saluran eustachi, yang berdampak pada gendang telinga dan tulang-tulang kecil yang bergetar ketika mendengar suara.

Selain itu, bahaya lainnya menutup hidung dan mulut saat bersih, yakni retaknya area faring. Ini memicu komplikasi lain. Karena itu, dibanding menahan bersin, sebaiknya gunakan tisu untuk menghalangi kuman menyebar dan cuci tangan Anda setelahnya.

Tenggorokan pria bolong gegara tahan bersin

Gegara Tahan Bersin, Tenggorokan Pria Ini Pecah dan Bolong

Seorang pria berusia 34 tahun berusaha menahan bersin dengan menutup mulut dan kedua lubang hidungnya, namun kekuatan bersin tersebut membuat tenggorokannya pecah

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023