Beda Warna pada Terasi, Curigai Obat Pewarna?

AHS Terasi
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Penikmat sambal tentu tak asing dengan terasi. Bumbu penyedap berbahan dasar makanan laut yang difermentasi ini banyak ditemukan di daerah Bangka, Sidoarjo, Cirebon, dan Lombok. Aroma dan cita rasa khas terasi kerap memikat selera untuk menikmatinya bersama nasi hangat, lauk, dan lalapan. Hmm... benar-benar nikmat.

Terasi Bisa Sebabkan Hipertensi, Begini Cara Aman Konsumsinya

Tapi pernahkah Anda perhatikan bentuk terasi mentah sebelum dihidangkan di meja makan? Bagi yang sering membeli terasi di pasar atau pusat perbelanjaan tentu tahu bahwa terasi memiliki bentuk dan warna yang berbeda-beda. Lantas, adakah di antara Anda yang kemudian mencurigai terasi menggunakan pewarna makanan?

Sebenarnya terasi dikategorikan menjadi tiga macam, berdasarkan bahan bakunya, yaitu udang, ikan, dan campuran ikan dan udang. Perbedaan bahan baku itulah yang menyebabkan perbedaan warna terasi. Demikian seperti dikatakan dr. Marya W. Haryono, M.Gizi, SpGK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 31 Januari 2018.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

"Biasanya kan kalau udang rebon itu warnanya cokelat muda, kemudian melalui proses pengolahan ada yang sampai cokelat kehitaman, ada yang memang kemerah-merahan," kata Marya. "Jadi, balik lagi ke bahan dasarnya apa? Kalau bahannya rebon ya mungkin saja jadinya merah."

Sebagai panduan memilih terasi di pasaran, Marya menyarankan beberapa tips. "Yang perlu dicurigai adalah jika terasi warnanya mencolok, jika merah bukan merah yang alami," kata Marya.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Selain itu, pilihlah terasi yang bisa diketahui asal-usulnya. Di samping warna terasi, perlu juga untuk memperhatikan aroma terasi, apakah masih alami atau sudah sangat menyengat. Jika aroma terasi sudah sangat menyengat, sebaiknya tak lagi dikonsumsi.

Sambal Terasi

Resep Sambal Terasi, Sambal Seribu Kenikmatan! Berani buat?

Resep Sambal Terasi, Indonesia yang merupakan surga dari berbagai macam jenis sambal. Salah satu varian sambal paling terkenal di Indonesia adalah Sambal Terasi.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2022