Penyebab Bayi Prematur Rentan Alami Kematian

Sorot inkubator - bayi di inkubator
Sumber :
  • REUTERS/Khaled Abdullah

VIVA – Kelahiran bayi prematur di Indonesia memiliki angka yang cukup tinggi. Menurut dr. Rosalina Dewi Roeslani, SpA(K), rata-rata angka kelahiran bayi prematur di Indonesia mencapai 15 persen.

Memilukan, 5 Bayi Prematur di Gaza Ditemukan Membusuk di RS Al Nasr

Dengan berbagai kondisi dan kematangan organ yang belum sempurna, bayi prematur sangat rentan mengalani kematian. Penyebabnya bisa saling tumpang tindih, kematian bisa disebabkan infeksi atau asfiksia.

"Jadi tumpang tindih, tapi memang prematur itu penyebab kematian yang tinggi. Karena dia juga tumpang tindih dengan yang lain. Faktor lainnya karena belum matangnya organ," ujar dokter yang akrab disapa Rosi ini kepada VIVA.

Biadab! Israel Tinggalkan Bayi-Bayi Prematur Palestina Hingga Membusuk di RS Anak Gaza

Selain itu, semakin kecil usia gestasi atau usia janin sejak pembuahan hingga kehamilan, akan semakin kecil berat badannya. Maka, risiko kematian akan semakin bertambah.

"Semakin mendekati angka yang matang, kalau prematur itu biasanya di bawah 37 minggu, makin dekat ke 38 minggu tentu angka kematiannya makin berkurang," lanjut Rosi.

Top Trending: Suami-istri Cabuli Anak Kandung, Bayi Prematur Meninggal Usai Dibuat Konten

Tapi, semakin kecil usia gestasi, misalnya 28 minggu, atau 26 minggu, akan semakin tinggi angka kematianya.

Ilustrasi Bayi Baru Lahir

RSUD Bayu Asih Purwakarta Klarifikasi Sangkaan Penolakan Penanganan Bayi Prematur

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Kabupaten Purwakarta angkat bicara terkait dugaan penolakan bayi prematur pada layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024