Sebaiknya Berapa Lama Tubuh Harus Beristirahat saat Flu?

Ilustrasi wanita batuk
Sumber :
  • Viva.co.id/Lutfi

VIVA – Hujan yang mengguyur sejak beberapa hari belakangan meningkatkan potensi influenza. Meskipun telah mencuci tangan, nyatanya siapapun bisa saja terkena influenza.

Studi: Bawang Putih Australia Bisa Membunuh COVID-19 dan Flu, Diklaim Manjur 99 Persen

Hidung mulai terasa berat, lalu Anda mulai mengalami batuk kering dan sedikit pening, tak hanya itu, perut mulai terasa mual, nyeri dan Anda merasa tak nyaman. itulah gejala flu yang umumnya dirasakan. 

Flu memang mengganggu, namun yang tak banyak tahu bahwa virus flu mengalami masa inkubasi yang menyebabkan Anda mengalami masa-masa 'berat' sehingga butuh istirahat total.

Ratusan Burung Pipit di Balai Kota Cirebon Mati karena Cuaca Ekstrem

Pakar influenza, Susan Besser, MD, dari Mercy Medical Center di Baltimore, Maryland, mengatakan bahwa setiap orang berpotensi 50-50 tertular flu.

"Setiap orang yang terpapar virus, sebetulnya memiliki kesempatan 50-50 untuk tertular. Jika Anda sudah divaksin atau dalam kondisi imun Anda baik, maka kemungkinan Anda tertular lebih kecil," ujarnya kepada Rider Digest.

Bukan Minum Obat, Dokter India Lakukan Ini Untuk Cegah Flu

Influenza adalah infeksi yang sering terjadi akibat paparan virus di udara yang tak sengaja terhirup misalnya lewat bersin, batuk atau hanya sekadar ngobrol dengan orang yang terinfeksi.

Ilustrasi sakit kepala.

Lebih lanjut, Besser mengungkapkan bahwa jika terlanjur tertular Anda membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari untuk pulih.

"Jika Anda terlanjur tertular, si virus akan membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari (2 minggu)," ujarnya.

Namun, secara keseluruhan Besser menyebut bahwa ada beberapa hari yang 'krusial' sehingga membuat Anda harus total istirahat di rumah.

"Itu akan berkaitan dengan sakit kepala, nyeri pada tubuh dan gejala pada pencernaan Anda termasuk Nausea, Vomiting dan diare. Meski demikian, secara keseluruhan Anda membutuhkan waktu dua minggu hingga gejala mengganggu tersebut benar-benar sembuh." 

Sementara itu, praktisi kesehatan Megha Tewari, MD, dari Memorial Hermann The Woodlands Medical Center menyebutkan poin per poin bagaimana influenza memengaruhi Anda.

1. Kondisi perut: Satu sampai 3 hari
2. Sakit Kepala: Satu sampai 3 hari
3. Demam: tiga hingga 7 hari
4. Pegal linu: tiga hingga 5 hari
5. Kelelahan: satu hingga dua minggu
6. Batuk: satu hingga dua minggu

"Beberapa pasien mungkin bisa lebih cepat mengalami pemulihan," ujar Tewari.

Beberapa orang yang cenderung mengalami pemulihan lebih lama biasanya menderita penyakit lain seperti Emphysema atau penyakit kronis lainnya.

"Para ahli sepakat bahwa sebaiknya Anda kembali beraktivitas setelah Anda benar-benar sembuh. Berdiam diri di rumah tak hanya sekadar melakukan pemulihan, tapi juga menjaga agar yang lain tidak tertular."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya