Cara Agar Tetap Tenang dan Semangat Meski Divonis Kanker

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kanker merupakan satu dari banyaknya penyakit mematikan yang menimpa masyarakat berbagai kalangan. Tak sedikit dari mereka yang tertimpa penyakit kanker, kemudian mengalami penurunan semangat untuk hidup.

BPOM Beri Izin Edar Obat Anti Kanker Darah Pertama Produksi Indonesia

Menurut psikolog keluarga, Nyi Mas Diane Wulan, S.Psi., untuk menjalani hidup dengan kanker, memang bukan hal yang mudah. Namun demikian, bukan berarti hidup dengan penyakit kanker harus dijalani dengan patah semangat.

"Untuk bisa tetap semangat menjalani hidup, pertama harus berada di tahapan menerima. Jangan meratapi dan terus motivasi diri sendiri terlebih dahulu," ujar Diane, kepada VIVA, saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

12 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Diane menjelaskan, fase menerima penyakit ini menjadi kunci awal untuk menjalani hidup dengan tenang. Ditambah lagi bisa dijalani dengan melakukan hal-hal yang disukai sepanjang hidup untuk mencari kesibukan.

"Contoh Steve Jobs, dia divonis kanker, jeda antara divonis dan meninggalnya itu 8 tahun. Dia survive dengan melakukan apapun yang dia sukai dan mengembangkan dirinya," paparnya.

Khasiat Daun Sirsak, Turunkan Kolesterol Hingga Bantu Obati Kanker

Selanjutnya, pasien kanker bisa memiliki komitmen untuk terus menjalani hidup seperti biasa sambil menjalani serangkaian hal positif dan cenderung meningkatkan spiritualnya. Adapun dukungan lingkungan sekitar juga sangat diperlukan agar motivasi untuk hidup semakin kuat.

"Keluarga harus memberikan dukungan. Selain itu, kumpul dengan komunitas yang memiliki penderitaan yang sama agar bisa sama-sama menyemangati."

Ilustrasi vitamin/obat.

BPOM Sebut Obat Anti Kanker Pertama Produksi RI Minim Efek Samping

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan bahwa produk obat anti kanker yang bersifat biomonoklonal ini diproduksi dengan minim efek samping serta harga relatif terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2023