8 Fakta Buah Manggis, Benarkah Bisa Sembuhkan Kanker?

Ayo Hidup Sehat.
Sumber :
  • Dokumentasi tvOne

VIVA – Selama ini banyak orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak kulit manggis karena diklaim memiliki sederet manfaat kesehatan. Sebenarnya, bukan cuma kulitnya, namun daging buah manggis juga punya banyak manfaat kesehatan yang tak kalah bermanfaat.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Berikut ini adalah sejumlah fakta tentang daging dan kulit buah manggis yang wajib Anda ketahui, menurut dr. Cindiawati Jositu Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, saat menjadi bintang tamu dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 8 Februari 2018.

Bukan buah dengan kandungan antioksidan tertinggi

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

“Kalau tertinggi mitos, tapi manggis punya antioksidan yang cukup banyak, seperti folifenol, jadi bisa membantu segala macam masalah kesehatan, seperti menangkal radikal bebas,” ucap Cindi.

Membantu menurunkan tekanan darh tinggi

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

Menurut dia, hal ini adalah fakta. Namun, kulit manggis tidak bisa dibilang mampu mengobati tekanan darah tinggi karena masih dalam penelitian. Penelitian yang dilakukan pun masih pada tahap hewani.

Tidak Bisa Menyembuhkan kanker

“Kalau menyembuhkan masih dalam penelitian, karena penyebab pasti penyakit kanker juga belum diketahui. Tapi benar bahwa kulit manggis bisa membantu mencegah kanker dan mencegah berkembangnya sel kanker baru,” ujar Cindi.

Membuat awet muda

Ini kembali lagi pada alasan karena kandungan antioksidan di dalamnya cukup tinggi. Namun, tetap perlu Anda ketahui bahwa banyak faktor yang bisa membantu Anda awet muda, seperti pola hidup, makanan dan istirahat.

Membantu mencegah stroke, asam urat dan penyakit jantung

“Membantu mencegah iya, tapi penyakit-penyakit ini kan banyak faktor penyebabnya karena pola hidup memengaruhi, seperti rokok, pola makan dan lainnya,” katanya.

Meringankan penyakit asma

Menurut Cindi, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa buah manggis dapat membantu meringankan gejala asma. Namun, jumlah buah manggis yang dimakan harus banyak untuk benar-benar meringankan gejala asma. Jadi, Cindi menyarankan untuk tetap dibarengi dengan konsumsi obat-obatan dari dokter.

Baik untuk konstipasi

Karena satu buah manggis mengandung serat yang cukup tinggi, yakni 1,8 sampai 2 gram, jadi buah ini terbilang baik untuk membantu mengatasi konstipasi atau sembelit dan membantu sistem pencernaan.

Pasien diabetes boleh makan manggis

“Orang diabetes boleh makan manggis, tapi dibatasi karena ada kalorinya kan. Satu sampai dua buah per hari masih boleh,” ucap Cindi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya