Lakukan Ini Biar Enggak Gampang Sakit Saat Musim Hujan

Para pekerja menggunakan payung saat hujan mengguyur Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Hujan deras yang terjadi belakangan ini, menyebabkan banjir di sejumlah daerah di kawasan Jakarta dan Jawa Barat. Salah satunya yang dilanda banjir cukup parah adalah wilayah Kampung Pulo, Jakarta Timur.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Seolah menjadi satu paket, setelah hujan dan banjir, beragam penyakit pun menyerang warga. Seperti yang dialami Syarif, warga Kampung Pulo, ia mengeluh sakit kepala, sesak napas, dan gatal-gatal.

"Saya bersih-bersih rumah, sempat kena air hujan, jadi sakit kepala. Sesak napas juga karena di ruangan dalam rumah ini pengap, bau dari lumpur," kata Syarif.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Dalam acara Ayo Hidup Sehat yang ditayangkan tvOne, Kamis, 8 Februari 2018, dr. Warigit Dwi Atmoko, SpPD, MKes, menyarankan agar masyarakat senantiasa menjaga kondisi kesehatan tubuhnya saat musim hujan. Terutama bagi mereka yang bersih-bersih rumah dari kotoran sisa banjir.

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Tadi sekilas saya lihat, lingkungan sangat kotor. Jadi untuk masyarakat yang terpenting adalah perlindungan diri menggunakan sarung tangan, karena banyak bakteri yang masuk, salah satunya melalui kuku," kata Warigit.

Selain itu, penting juga untuk mengenakan masker wajah dan sepatu. Menurut Warigit, masker wajah digunakan sebagai tameng untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang tersebar di udara.

"Jangan lupa masker karena virus itu bisa masuk lewat udara," imbuh Warigit.

Sedangkan sepatu, dinilai tak kalah pentingnya untuk melindungi diri. Apalagi jika kaki menginjak lingkungan sekitar yang kotor, semakin berisiko terinfeksi virus dan kuman penyebab penyakit.

"Kalau zaman dulu itu ada namanya penyakit pes, yang disebabkan terkena kencing tikus," kata Warigit.

Langkah-langkah perlindungan diri itu sebaiknya tak diabaikan, agar tidak semakin mengancam kesehatan tubuh. Dan hendaknya dilengkapi dengan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun agar perlindungan semakin sempurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya