Sembuhkan Sakit Kepala dan Hidung Tersumbat dengan Uap Lemon

Ayo Hidup Sehat membahas tentang perlindungan diri di musim hujan
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Sudah jadi rahasia umum, datangnya musim hujan kerap dibarengi dengan serangan beragam penyakit. Yang paling banyak biasanya sakit kepala, sesak napas, dan hidung tersumbat, atau yang dikenal sebagai gejala flu.

VIDEO: Diet Sebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok, Ini Penjelasannya

Sakit flu memang kerap menyerang kelompok orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. Nah, jika Anda termasuk di dalamnya, biasanya apa yang Anda lakukan? Dibiarkan saja sampai sembuh sendiri atau minum obat-obatan tertentu?

Dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne yang ditayangkan Kamis, 8 Februari 2018, dr. Warigit Dwi Atmoko, SpPD, Mkes, mengatakan bahwa sakit yang disebabkan virus sebenarnya bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Penyakit flu tergolong penyakit yang disebabkan oleh virus.

Bisa Bantu Kurangi Risiko COVID-19, Ini 3 Cara Dapatkan Vitamin D

Air lemon dan sari jahe

Gejala yang biasanya terasa sangat mengganggu ketika flu adalah sakit kepala. Menurut Warigit, ada metode sederhana tanpa minum obat, yang bisa meringankan sakit kepala dan hidung tersumbat. Yaitu dengan terapi uap air panas yang dicampur jahe dan lemon.

Puasa Berdampak pada Pencegahan Kanker?

Caranya, siapkan air panas dalam baskom. Masukkan irisan jahe, buah lemon, dan tetesan minyak angin. Hirup uap air panas itu, sembari menutupkan handuk ke kepala agar uap tidak menyebar. Ramuan ini efektif untuk melegakan hidung tersumbat dan masalah saluran pernapasan karena sakit flu.

Sakit flu

Kenaikan Kasus di Musim Pancaroba, Bagaimana Jika Sakit Flu dan COVID-19 Bersamaan?

Masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai bahaya penuh dari mengidap dua penyakit itu, COVID-19 dan influenze sekaligus.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023