Tanda Putih di Kuku Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Garis putih pada kuku
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dari waktu ke waktu kita sering melihat ada tanda putih di kuku, dan bertanya-tanya kenapa tanda itu bisa muncul. Ada mitos yang mengatakan kalau titik putih itu disebabkan kekurangan kalsium atau vitamin.

Tanda Kolesterol Tinggi dan Jantung Bisa Terlihat dari Kuku

Tapi, Anda perlu tahu bahwa itu hanyalah mitos, dan penyebab munculnya tanda putih di kuku seringkali merupakan hal yang lebih serius.

Titik putih yang muncul di permukaan kuku Anda itu secara medis disebut dengan punctate leukonychia, dan seringkali muncul akibat trauma pada kuku.

Makanan Bikin Glowing Versi Zaidul Akbar, Kuku Berubah Tanda COVID-19

Dilansir laman The Sun, trauma ini tidak harus selalu sesuatu yang besar seperti jari yang terjepit pintu mobil. Tapi, bisa sesederhana seperti terlalu sering mengetuk-ngetuk jari atau menggigitnya.

Tanda putih itu terbentuk di bagian paling dasar kuku dan bergerak ke atas seiring pertumbuhan kuku. Seringkali, ketika titik putih itu terlihat, kemungkinan besar Anda sudah lupa apa yang menyebabkan tanda itu muncul.

5 Perubahan Kuku Tanda Pernah Terjangkit COVID-19

Ada kalanya tanda itu muncul bukan karena trauma, tapi karena mengalami reaksi alergi terhadap cat kuku. Namun, jika seluruh kuku berubah menjadi putih, ini bisa jadi kondisi yang sangat serius, dan Anda disarankan untuk menemui dokter.

Hal ini karena kuku putih bisa menjadi indikasi kondisi yang serius seperti sirosis hati, gagal ginjal, atau penyakit jantung. Sedangkan jika tanda putih muncul di garis kuku, itu bisa jadi tanda kadar protein yang rendah di dalam darah. (ase)

Ilustrasi kuku.

Bahaya Gelombang ke-3 COVID-19, Kolesterol Tinggi Terlihat dari Kuku

Bahaya gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia menjadi salah satu berita kanal Lifestyle yang disorot pembaca VIVA sepanjang Jumat, 22 Oktober 2021.

img_title
VIVA.co.id
23 Oktober 2021