Hobi Ngopi? Awas Batu Ginjal Mengintai

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Kopi biasanya menjadi minuman kesukaan banyak orang untuk memulai hari. Namun, tak sedikit yang berpikir bahwa kopi memberi dampak buruk, salah satunya memicu batu ginjal.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Secara teori, kopi dan teh memiliki kandungan mineral yang lebih banyak dibandingkan kandungan airnya. Mineral tersebut yang jika dibiarkan terlalu banyak dan mengendap di tubuh, berisiko batu ginjal.

"Minum kopi dan teh terlalu sering bisa memicu batu ginjal. Mineral di dalamnya membuat urin lebih pekat sehingga memicunya menjadi sedimen batu," ujar Spesialis urologi RS Pondok Indah, dr. Hery Tiera, Sp.U kepada VIVA baru-baru ini.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Sedimen tersebut, lanjut Hery, akan mengkristal dan mengendap di ginjal. Terlebih, banyak yang mengonsumsi kopi dan teh dengan makanan pendamping.

"Makanan penyertanya yang memiliki kandungan pemicu batu ginjal, seperti oksalat, asam urat, dan kalsium, serta kandungan di dalam kopi dan teh, membuat keduanya memicu kristal batu. Ditambah, kandungan cairan dari air putihnya sangat kurang," katanya menjelaskan.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Maka dari itu, Hery menegaskan pentingnya konsumsi air mineral di samping minuman berwarna lainnya. Sebab, konsumsi minuman berwarna tersebut dapat membuat urin menjadi lebih pekat.

"Intinya ada hitungan air mineral yang lebih banyak dibanding minuman lainnya. Jangan sampai kurang air mineral yang memicu batu ginjal terjadi. Apalagi kalau sudah kena batu ginjal, harus konsumsi 2,5 liter air mineral per hari di luar minuman lainnya,” ucapnya.

Coffee Shop sebagai tempat kerja

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Berikut rekomendasi coffee shop di Jakarta Selatan yang cocok untuk kerja. Siapkan aplikasi QRIS agar lebih mudah saat bertransaksi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024