Selain Lansia, 3 Kelompok Ini Juga Rentan Derita Batu Ginjal

Ilustrasi organ tubuh
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Batu ginjal identik dengan penyakit orang lanjut usia. Padahal, kelompok usia tersebut bukan satu-satunya yang paling rentan menderita batu ginjal.

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal biasanya dipicu oleh pola makan yang kurang baik serta kurangnya asupan minum yang dibutuhkan tubuh. Menurut Spesialis Urologi RS Pondok Indah, dr. Hery Tiera, Sp.U, ada kelompok usia dan gender tertentu yang lebih rentan alami batu ginjal karena pemicu tersebut.

1. Anak-anak

Bersihkan Ginjal dengan Hanya Konsumsi Minuman Alami Ini, Dijamin Racun Keluar Seketika

Siapa sangka, kelompok anak berisiko alami batu ginjal. Sebab, terlalu seringnya bermain namun tidak disertai asupan minuman yang cukup, membuat dehidrasi mengintai. Dari sini, kurangnya air minum yang dibutuhkan membuat tubuh anak rentan alami endapan kristal di ginjal yang menjadi pemicu batu ginjal.

2. Dewasa muda

3 Keunggulan Menggunakan Metode RIRS untuk Pengobatan Batu Ginjal

Dipaparkan dokter Hery, mereka yang berusia muda, masih sangat aktif bekerja dan beraktivitas di luar rumah. Tak sedikit yang akhirnya melupakan kewajiban untuk konsumsi air putih yang cukup. Di sini, hal tersebut jadi pemicu orang dewasa muda menjadi rentan miliki batu ginjal.

3. Kaum pria

Perbedaan aktivitas pada pria dan wanita, membuat kaum pria lebih rentan alami batu ginjal. Sebab, kelompok pria lebih sering bekerja di luar ruangan dan banyak beraktivitas di area panas, yang membuatnya rentan dehidrasi. Namun, jika dehidrasi tersebut tak segera diatasi dan malah memicu batu ginjal. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya