Pria dengan Organ Intim Pendek Risiko Derita Batu Ginjal

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Penyebab dari penyakit batu ginjal bisa beragam. Bahaya batu ginjal bahkan tidak bisa dianggap sepele. Namun, banyak masyarakat yang belum memahami faktor pemicu terbentuknya batu ginjal tersebut.

Menguak Fakta Mr P, Bisa Jadi Banyak Pria Gak Tahu

Dilansir dari laman Mayo Clinic, dehidrasi menjadi faktor utama pemicu batu ginjal. Selain itu, pola makan yang tinggi garam dan gula, turut berisiko terhadap pembentukan batu ginjal. Terlalu banyak garam, dapat meningkatkan jumlah kalsium di dalam ginjal.

Beberapa penyakit lainnya juga berisiko terhadap batu ginjal seperti diare kronis yang berdampak pada penyerapan kalsium dan cairan meningkat. Tak hanya itu, penyakit yang juga memicu batu ginjal mencakup renal tubular acidosis, hyperparathyroidism, beberapa jenis obat dan infeksi saluran kencing.

Bersihkan Ginjal dengan Hanya Konsumsi Minuman Alami Ini, Dijamin Racun Keluar Seketika

Infeksi saluran kencing sendiri bisa dipicu akibat sering menahan untuk buang air kecil. Hal itu bisa menyebabkan kuman jahatnya tertahan di dalam tubuh dan berkembang kemudian naik ke saluran atas kandung kemih dan memicu infeksi.

Pada umumnya, infeksi saluran kencing ini rentan mengintai kaum wanita. Sebab, saluran di area intim menuju kandung kemihnya cenderung pendek.

3 Keunggulan Menggunakan Metode RIRS untuk Pengobatan Batu Ginjal

Ukuran pada organ intim pria yang pendek, juga sama berisikonya seperti kaum wanita. Karena pada dasarnya, saluran yang pendek di area intim, lebih cenderung memicu infeksi terjadi. Jika batu ginjal menganggu saluran kencing, yang berkaitan dengan infeksi pada saluran kencing tersebut, dibutuhkan operasi untuk mengangkat batu. Sebab, hal itu akan menganggu fungsi ginjal di dalam tubuh.

Ilustrasi urine.

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Buang air kecil adalah proses alami yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, seringkali kita menunda untuk buang air kecil karena berbagai alasan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024