Ibu Hamil Dilarang Konsumsi Ginseng, Efeknya Mengerikan!

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Ginseng dikenal sebagai bahan herbal dengan banyak manfaat. Ginseng juga sangat tersohor sebagai salah satu bahan obat dari Asia Timur.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Meski sangat berkhasiat dan merupakan bahan herbal yang aman, tapi konsumsi ginseng tidak boleh sembarangan. Salah satunya pada ibu hamil.

Ginseng sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi pada saat sedang mengandung. Menurut dr. Ida Gunawan, MS, SpGK, konsumsi obat atau suplemen walaupun berjenis herbal harus sesuai dengan yang diberikan dokter.

Viral Ibu Hamil Alami Hilang Janin: Gamau Suudzon, Tapi…

"Ada beberapa case report pada zaman dahulu di China maupun di Korea karena dianggap herbal, boleh dipakai siapa saja termasuk ibu hamil, ternyata setelah lahir bayinya lebih pendek dan massa ototnya berkurang," ujar Ida dalam acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Jumat, 15 Februari 2018.

Jadi, konsumsi ginseng pada ibu hamil bisa mengakibatkan cacat bawaan pada bayi. Selain itu, konsumsi ginseng juga tidak dianjurkan pada penderita penyakit jantung.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Ida mengatakan, ginseng bersifat stimulan yang merangsang peningkatan pacu jantung, sehingga harus berhati-hati pada mereka yang memiliki penyakit jantung.

Ginseng juga sebaiknya dihindari pada para penderita insomnia. Orang dengan gangguan sulit tidur ini membutuhkan suasan tenang agar bisa tidur nyenyak. Tapi, dengan ginseng yang menstimulasi pacu jantung, tentu akan membuat penderita insomnia lebih sulit tidur. (mus)

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024