Perlukah Membasahi Sikat Gigi Dengan Air?

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Kebiasaan yang umum dilakukan saat akan menggosok gigi adalah membasahi sikat gigi dengan air setelah menambahkan pasta gigi ke atasnya. Kebiasaan ini masih menjadi perdebatan apakah memang perlu dilakukan atau tidak. 

Bangun Tidur Jangan Langsung Sikat Gigi, sampai Gejala COVID-19

Perdebatan tersebut bahkan sempat ramai di media sosial usai pertanyaan serupa dilontarkan oleh seorang warganet. Beragam tanggapan muncul atas pertanyaan itu.

Ada yang menjawab bahwa mereka biasa mengoleskan pasta gigi ke atas bulu sikat gigi kemudian membasahinya, tapi ada juga yang mengatakan lebih memilih untuk membasahi sebelum mengoleskan pasta gigi. 

dr. Zaidul Akbar: Bangun Tidur Jangan Sikat Gigi, Lakukan Ini Dulu

"Aku membilas sikat gigi, kemudian mengoles pasta gigi kemudian membilasnya lagi," ujar seorang pengguna Twitter.

"Aku selalu membasahinya dengan air panas karena kuman, kemudian dengan air dingin, baru kemudian mengoles pasta gigi dengan air lagi. Tak seorang pun ingin sikat giginya kering," kata yang lain. 

Sikat Gigi dan Berkumur Saat Puasa Ramadhan, Begini Hukumnya

Dr Mitali Hariawala, seorang manajer komunitas Dokter Gigi di perusahaan sikat gigi Quip, seperti dilansir Mirror, memberikan jawaban atas pertanyaan masyarakat tersebut. Mana yang lebih benar dan harus dilakukan.

"Pertama, bilas sikat gigi untuk membersihkan, dan melembutkan bulu untuk mencegah mereka menjadi terlalu kasar bagi gigi dan gusi," ujarnya. 

"Sebagai tambahan, dengan kondisi basah pasta gigi akan lebih mudah menempel di bagian bulu dan tidak jatuh saat akan diaplikasikan."

Kemudian, masih menurut Mitali, setelah mengoles pasta gigi, cepat-cepat basahi sikat, dan pasta di atasnya sekali lagi. 

"Bilasan kedua ini akan mengaktifkan pasta gigi dengan meningkatkan kelarutannya, dan itu akan memperkuat kandungan pasta gigi, memastikan bahwa pasta gigi tidak akan jatuh seketika saat memasuki mulut."

Tapi, Mitali tak merekomendasikan untuk mencampur air dengan pasta gigi, karena ini bisa mengurangi efektivitas dari pasta gigi. 

Sementara itu, Dr Mark Burhenne, dokter gigi dan juga pendiri Quip, memberikan tips tambahan lainnya. Yaitu agar tidak segera berkumur usai menyikat gigi. Hal ini dilakukan agar pasta gigi untuk anti gigi berlubang bisa bekerja sempurna. Biarkan selama beberapa menit, kemudian selesaikan dengan beberapa kali berkumur.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya