Menguak Rahasia Panjang Umur Orang Yunani

Yunani
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA – Tahukah Anda bahwa Yunani masuk ke dalam tiga besar negara paling sehat di dunia? Terungkap bahwa usia harapan hidup warga Yunani adalah 82,89.

Rahasia Umur Panjang Hingga 100 Tahun Lebih, Kata Ahli Gizi: Kelola Stres dengan Baik

Penyebabnya adalah jenis makanan yang mereka konsumsi dan diet mediterania yang sangat tersohor di dunia itu. Bahkan, saking panjangnya usia harapan hidup orang Yunani, ada kelakar yang mengatakan bahwa Yunani adalah tempat orang lupa mati. Hampir semua warga Yunani selalu aktif setiap hari.

Ivonne Aryanti, marketing director Heavenly Blush mengatakan, dalam kunjungannya ke Yunani, dia menemukan salah satu alasan terkuat begitu lamanya harapan hidup orang-orang Yunani adalah diet mediterania. Diet ini banyak berisi minyak zaitun, sayuran segar, kacang-kacangan, dan yogurt.

Viral Wanita Umur Panjang Hingga 111 Tahun, Ternyata Ini Penyebabnya

"Karena tinggal di pegunungan, mereka suka minum teh dan kopi herbal. Dan, orang-orang Yunani suka tidur siang, tidak seharian kerja," ujar Ivonne, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Di samping itu, warga Yunani memiliki jaringan sosial yang sangat kuat, teman-teman karib mereka adalah teman-teman yang sangat setia. Mereka juga tidak pernah mencemaskan waktu dan hidup dengan santai.

Wanita Lansia Berumur 102 Tahun Ungkap Rahasia Panjang Umur: Seks

Selain diet mediterania yang sudah mendunia, satu hal lagi yang menjadi kunci hidup sehat warga Yunani adalah yogurt. Makanan khas dari Yunani ini memiliki perbedaan dari jenis yogurt lainnya, yakni proses penyaringan.

"Orang Yunani menyaring lagi yogurtnya agar kadar airnya turun, sehingga kadar proteinnya lebih tinggi, dan lebih kental," ujar Ivonne.

Yogurt ini juga bisa diaplikasikan untuk berbagai makanan. Mulai dari saus hingga mentega dan bahan pembuat kue.

Ivonne menjelaskan, kelebihan yogurt Yunani atau Greek yogurt adalah kandungan proteinnya yang sangat tinggi sehingga memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, asam amino dalam protein tersebut juga bisa membantu proses pembakaran lemak.

Jadi, selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yogurt Yunani juga dapat meregenerasi sel. Yogurt ini juga mudah dicerna dan cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya