Tips Pilih Dokter Spesialis, Supaya Nyaman saat Dirawat

Ilustrasi dokter.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jennycepeda

VIVA – Saat harus memilih dokter spesialis biasanya pasien akan sangat tergantung pada referensi atau saran dari dokter umum. Sebenarnya, hal ini bersifat opsional, alias tak harus selalu diikuti. Karena pasien punya hak untuk memilih dokter yang bisa membuatnya merasa nyaman selama proses perawatan.

Suami Ria Ricis Teuku Ryan Rela Disumpah Alquran di Depan Keluarga dan Istri, Ternyata Gegara Ini

Lantas, bagaimana cara memilih dokter spesialis sesuai yang dibutuhkan dan yang membuat pasien merasa nyaman? Seperti dilansir dari laman Asia One, berikut ini enam langkah dalam memilih dokter spesialis yang sesuai.

Tanya dokter umum

Bima Perkasa Jogja Rekrut Jono Pemain Timnas Uganda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap menemui dokter umum untuk mendapatkan diagnosis, setidaknya dokter spesialis yang harus ditemui.

Riset dari website terpercaya

Penampilan Terbaru Jackie Chan Bikin Pangling, Masih Aktif Syuting di Usia 70 Tahun

Untungnya sekarang ini banyak informasi terpercaya yang tersedia di website dan memudahkan orang untuk mencari tahu tentang pilihan perawatan yang harus dilakukan.

Periksa asuransi kesehatan

Pastikan bahwa asuransi kesehatan sudah mencakup biaya untuk melakukan pemeriksaan di dokter spesialis. Tentu saja tak ada yang ingin membayar lebih karena melewatkan hal ini.

Cari tahu latar belakang dokter

Sediakan waktu untuk mencari tahu latar belakang dokter spesialis yang akan dikunjungi. Jangan lupa, meski sama-sama dokter spesialis di bidang tertentu, mereka memiliki konsentrasi yang berbeda.

Misalnya saja dokter spesialis untuk menangani gigi, bisa ada beberapa pilihan; dokter spesialis untuk gigi berlubang, bedah gigi, atau kecantikan gigi.

Periksa pilihan dokter

Pasien bisa bebas memilih apakah lebih senang dengan dokter dari gender yang sama atau mungkin memilih dokter yang lebih bersahabat. Di masa inilah waktu paling tepat untuk mendengar rekomendasi dari keluarga atau teman.

Pertimbangkan lokasi

Tergantung pada seberapa nyaman pasien akan menempuh jarak sebelum berobat. Misalnya saja tidak ingin menempuh jarak selama satu jam hanya untuk menemui dokter ortopedi, maka carilah dokter lain yang sesuai dengan jarak tempuh di bawah satu jam. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya