Ups, Pasangan dengan Beda Umur Jauh Lebih Rentan Berpisah

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Rentang usia dengan pasangan, ternyata berpengaruh pada kelanggengan sebuah hubungan. Menurut penelitian, pasangan yang rentang usianya terlalu jauh, berisiko besar untuk berpisah.

OMG Pilihan Karier Ini Paling Rentan Bercerai

Sebuah studi dari Emory University melakukan survei pada 3000 orang pria dan wanita. Studi tersebut mengumpulkan semua data dari partisipan terkait pasangan dan usianya.

Dikutip dari laman Daily Star, hasil studi itu menemukan bahwa rentang usia lima tahun, berisiko 18 persen lebih tinggi untuk bercerai, dibandingkan pasangan dengan usia yang sama. Potensi perceraian ternyata semakin tinggi dengan rentang usia yang semakin besar.

Empat Pekerjaan dengan Tingkat Perceraian Tinggi

Mereka yang memiliki rentang usia 10 tahun dengan pasangan, 39 persen berisiko lebih besar berakhir dengan perceraian. Sementara, perbedaan usia 20 tahun, menjadi pemicu 95 persen risiko kemungkinan untuk berpisah.

Pakar hubungan, Olga Levancuka menerangkan bahwa banyak cara yang bisa dilakukan dalam mempertahankan keharmonisan bagi mereka yang memiliki pasangan dengan rentang usia yang cukup jauh. Ia merekomendasikan agar masing-masing bisa tetap fokus pada apa yang diinginkan pasangan dan menghadapi masalah dengan kepala dingin.

Gagal Menikah, Pemuda Asahan Nekat Potong Kelaminnya

Ilustrasi pasangan berlibur bersama

Sama halnya dengan menghindari permasalahan orang tua dan anak. Olga menyarankan agar masing-masing individu bisa bernegosiasi dengan pasangan terkait prioritas di dalam sebuah hubungan. Serta, saat ada sesuatu yang mengganjal di hati, segera utarakan pada pasangan.

"Jangan biarkan kepala Anda tenggelam di dalam pasir, bicaralah pada pasangan sesegera mungkin saat timbul sesuatu yang mengganjal di hati. Rentang usia yang cukup besar, memicu rasa tidak aman dan menjadi prasangka buruk yang harus dicegah dengan komunikasi," ujar Olga.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya