Wah, Air Kelapa Bisa Bikin Awet Muda dan Jantung Sehat

Air kelapa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Segar dan enak, siapa yang bisa menolak air kelapa? Terlebih lagi kalau dikonsumsi saat siang hari yang terik, atau setelah beraktivitas. Air kelapa menjadi pilihan yang tepat untuk melepas dahaga.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Ada dua jenis kelapa yang dapat dikonsumsi airnya, yaitu kelapa muda dan kelapa tua. Perbedaannya, kelapa muda memiliki lebih banyak air. Air kelapa muda pun terasa lebih manis dibandingkan air kelapa tua. Hal ini disebabkan kandungan zat gizi yang tinggi pada air kelapa muda. 

Sedangkan air kelapa tua cenderung lebih tawar rasanya. semakin tua kelapa semakin rendah kadar gula dalam airnya. 

9 Manfaat Air Kelapa: Kelebihan di Setiap Tetesannya

Selain berbeda soal rasa, banyak rumor beredar bahwa kedua jenis kelapa ini juga berbeda kandungan nutrisinya. Benarkah demikian?

Air kelapa.

Resep Herbal Ala dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi Akibat Kebanyakan Makan Daging

Menjawab manfaat seputar air kelapa, pakar gizi dr. Maya Surjadjaja, MS. SpGK menyebut bahwa meskipun berbeda rasa, nutrisi buah kelapa dan airnya muda ataupun tua secara keseluruhan sama.

"Dua-duanya bermanfaat, namun dengan tujuan penggunaan yang berbeda. Namun yang harus diperhatikan kadar nutrisi pada kelapa tua tidak hanya berasal dari airnya saja, namun di bagian daging kelapa mengandung minyak MCT (Medium Chain Trigliserida)," ujar Maya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Jumat 3 Maret 2018.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa minyak kelapa mengandung asam capryllic serta asam laurat, yang keduanya adalah anti-jamur, anti-virus dan anti-mikroba.

Tak hanya mengandung zat anti-mikroba, air kelapa mampu membantu membantu sistem kekebalan tubuh.

"Kelapa punya fitonutrisi dan elekrtolit yang membantu mengurangi dehidrasi."

Manfaat lainnya air kelapa tua dan muda juga baik bagi jantung. "Kalium pada air kelapa baik bagi penyakit jantung, karena kadar antioksidan dan anti-inflamasi yang dikandungnya juga mampu turunkan kadar kolesterol jahat.

Ia menambahkan bahwa air kelapa muda juga punya zat yang mampu memperlambat penuaan.

"Air kelapa muda bisa memperlambat penuaan karena kandungan kalium, antioksidan, sitokimin dan tanin."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya