Menguak Penyebab Sindrom Mata Kering

Ilustrasi mata
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA – Pernahkah Anda merasa mata merah dan disertai panas? Ini bisa jadi tanda, Anda mengalami kondisi sindrom mata kering.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Mata Kering, penyakit yang juga disebut keratoconjunctivitis sicca atau sindrom mata kering ini adalah kondisi mata yang mengalami kekurangan cairan akibat air mata yang mudah menguap atau produksi air mata yang terlalu sedikit.

Kondisi mata kering ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti perubahan hormon pada wanita hamil, proses penuaan, obat-obatan, aktivitas sehari-hari seperti menatap layar monitor terlalu lama dan juga faktor lingkungan dimana banyak debu, asap, angin dan lain-lain.

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Spesialis Mata, Dr Darwan Triyono, Sp.M mengatakan, penyakit ini merupakan penyakit degeneratif. Saat usia 40 tahun, seseorang mulai berisiko menderita mata kering. "Faktor usia paling utama jadi penyebab mata kering," katanya saat tampil di acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin 5 Maret 2018.

Ayo Hidup Sehat

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Dr Darwan juga mengatakan, wanita menopause dan penderita kencing manis juga sangat berisiko menderita masalah kesehatan mata ini. Tak terkecuali juga untuk mereka pemakai lensa kontak, hingga orang yang mengalami operasi lasik.

Sebagai solusi agar mata tidak kering, akan lebih baik, selalu sedia air mata buatan. "Untuk yang cepatnya mengatasi mata kering yaitu menggunakan air mata buatan, komposisi nya dibuat semirip mungkin dengan air mata asli, jadi bisa digunakan untuk melembabkan mata."

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Buah nanas dengan rasa yang segar dan manis, tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024