Bahan Makanan Mengandung Omega-3 Selain Ikan Salmon

Ikan salmon
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bahan makanan dan suplemen yang mengandung omega-3 sering dipercaya menjadi sumber yang membantu melawan gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, mencegah demensia, serta berperan penting dalam perkembangan janin.

Firaun Memuja Ikan Lele

Tak hanya itu, sejumlah penelitian pun menemukan bahwa mengonsumsi ikan yang berkadar minyak tinggi atau mengandung omega-3 setidaknya dua kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko degenerasi makula (daerah di belakang retina) karena faktor usia.

Karena banyak manfaatnya, omega-3 sering disebut sebagai bahan super. Sehingga, banyak perusahaan obat dan suplemen di pasaran yang mengklaim bahwa produknya mengandung omega-3, kemudian dijual dengan harga mahal. Namun sebenarnya, bahan alami omega-3 mudah didapat dalam makanan. Tak hanya salmon, bahan omega-3 yang sehat untuk tubuh juga bisa diperoleh dari ikan jenis lainnya.

Ketua DPRD Jambi Serahkan Puluhan Ribu Bibit Ikan Lele ke Pokdakan Berlian 79

Daging Salmon

Spesialis Gizi Klinik, Dr. Juwalita Surapsari saat tampil di acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin, 5 Maret 2018 menjelaskan, omega-3 memang banyak terkandung dalam ikan berlemak tapi bukan hanya dari salom. Kerang, diakuinya juga mengandung tinggi omega-3 dan masih banyak lagi.

Viral TikToker Ini Bereksperimen Bikin Resep Puding Ikan Lele

"Kalau memang salmon mahal, omega-3 juga ada di ikan kembung, ikan selar, ikan tongkol, ikan lele juga mengandung omega-3. Setidaknya dua kali seminggu harus konsumsi ikan ini untuk kesehatan," katanya saat tampil di AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin, 5 Maret 2018.

Selain pada ikan, omega-3 juga ada di minyak canola, virgin coconut oil juga bisa dikonsumsi.

Ikan segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya