Ternyata Melihat Orang Senyum Juga Bisa Picu Stres

Ekspresi senyum
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak alasan untuk bisa tersenyum setiap harinya. Studi terbaru menemukan, tersenyum ternyata mampu membantu menurunkan kadar stres pada orang lain yang melihatnya.

Tebak! di Antara 6 Orang Ini, Manakah yang Punya Senyum Palsu?

Dilansir dari laman Medical Daily, terdapat beberapa jenis senyuman yang dapat diartikan berbeda-beda. Pada studi ini, ditemukan bahwa senyuman yang ramah ternyata ampuh redakan stres pada mereka yang melihatnya. Sementara, senyuman yang cenderung dominan, dapat memicu peningkatan kadar stres di tubuh.

Profesor psikolog, Paula Niedenthal, memaparkan bahwa ada tiga jenis senyuman pada diri seseorang, mencakup dominan (menunjukkan status sosial), afiliasi (menunjukkan adanya garis batas), serta penghargaan (menunjukkan bahwa anda sedang bahagia). Studi yang dilakukan tersebut diikuti oleh 90 mahasiswa pria yang diobservasi terkait cara mereka menangani senyuman yang dilihat.

5 Adab Senyum Menurut Islam agar Berbuah Pahala

Ilustrasi tersenyum.

Selama proses observasi, para partisipan juga dianalisis terkait air liurnya untuk memastikan kadar kortisol di tubuhnya. Detak jantung juga turut diobservasi di saat sebelum dan sesudah proses ditampilkan senyum.

Senyummu Adalah Sedekah

"Saat partisipan melihat senyum dominan, yang menunjukkan mereka sedang dikritik, mereka akan merasa lebih stres. Sebaliknya, mereka yang menerima senyum penghargaan, akan merasa diterima dan menurunkan kadar stres yang dimiliki," ujar Paula 

Meski studi ini masih terbatas pada jumlah partisipannya, hasil ini menunjukkan adanya dukungan sosial yang didapat melalui ekspresi wajah. Perubahan secara fisik pada seseorang, memberi dampak terhadap interaksi sosial yang ada di sekelilingnya.

Ilustrasi wanita/sweater.

Bangun Tidur Jangan Ngeluh, Senyum Yuk Agar Mood Happy!

Selalu berpikir positif saat bangun tidur, apresiasi diri sendiri dan tersenyum agar dapat menjalani hari lebih baik. Dengan begitu, mood lebih terjaga.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2022