Tak Perlu Obat, Genggaman Tangan Saja Mampu Redakan Nyeri

Ilustrasi pasangan berpegangan tangan.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Tak sedikit yang memilih obat-obatan untuk meredakan nyeri. Namun, siapa sangka, menggenggam tangan merupakan cara ampuh untuk meredakan nyeri.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Dilansir dari laman Medical Daily, studi terbaru dari peneliti di University of Colorado Boulder dan University of Haifa, menemukan bahwa semakin banyak empati yang diberikan seseorang pada pasangannya, semakin banyak gelombang otak mensinkronisasi dan membuat rasa nyeri di tubuh terasa mereda. Faktanya, gelombang otak mampu mensinkronisasi suatu hal, hanya dengan kehadiran seseorang yang disayang tanpa adanya sentuhan fisik.

Peneliti studi ini, Pavel Goldstein, menjelaskan bahwa ide penelitian ini dilihat usai proses kelahiran anaknya. Di mana, ia menyadari pentingnya menggenggam tangan sang istri yang mampu meredakan nyeri saat proses melahirkan berlangsung.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Dalam studi tersebut, Pavel melibatkan 22 pasangan di usia 23 hingga 32 tahun yang sudah bersama minimal satu tahun lamanya. Kemudian, peneliti meminta mereka untuk duduk selama dua menit dengan berdampingan tanpa menyentuh, berdampingan dengan menggenggam tangan, dan duduk di ruangan berbeda sambil aktivitas otak mereka dianalisa dengan elektroensefalografi (EEG).

Ilustrasi berpegangan tangan.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Skenarionya ditambah dengan pasangan wanita yang menjadi subjek nyeri dengan diberikan rasa sakit sedang di area lengannya. Hasil studi itu menunjukkan, menggenggam tangan ternyata membuat otak mampu mengontrol rasa sakit yang dirasakan.

Penelitian sebelumnya juga menemukan, sentuhan fisik mampu membuat seseorang merasa lebih dipahami, serta membuat otak membuat mekanisme penghargaan dengan mengaktifkan pereda nyeri. Rata-rata, intensitas nyeri yang dirasakan akan menurun hingga 34 persen.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya