Asyik, Tidak Mual Selama Hamil. Kok Bisa?

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Kala hamil, biasanya sering diikuti dengan mual. Namun pada sebagian wanita, mual tidak dirasakan bahkan sejak awal kehamilan. Hal ini sering memicu kekhawatiran, normalkah hamil tanpa mual?

Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

Dilansir WebMD, saat memasuki usia kehamilan trimester pertama mual sudah mulai terasa. Umumnya wanita mengalami rasa mual karena peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang menandakan bahwa plasenta berkembang di dalam tubuh. Ini suatu hal yang umum dialami dan biasanya baru mereda pada usia kehamilan 16-20 minggu.

Ilustrasi kehamilan.

Kenali Sejak Dini Gejala Hamil yang Berisiko Tinggi

Dalam berbagai literatur medis menyebutkan bahwa setiap orang memiliki kondisi yang berbeda saat hamil, karenanya tak semua ibu hamil mengalami mual. Ada yang mengalami mual muntah di awal kehamilan, ada pula yang tidak, namun kandungannya tetap baik-baik saja.

Mual bukanlah satu-satunya indikasi kehamilan yang sehat. Mual saat hamil memang menandakan adanya hormon kehamilan yang tinggi, namun bagi yang tidak mual bukan lantas berarti memiliki kehamilan yang tidak sehat.

Benarkah Konsumsi Kunyit saat Hamil Berbahaya?

Rasa mual.

Sebuah penelitian juga menyebut bahwa, hanya sebagian kecil wanita yang hamil tanpa mual, mengalami gangguan akibat penurunan kadar hormon sehingga rentan mengalami keguguran.  

Yang perlu diingat, setiap kehamilan yang dijalani berbeda untuk setiap orang. Selama dokter kandungan tidak menemukan adanya masalah, ini berarti kondisi kehamilan Anda akan baik-baik saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya