Menguak Munculnya Rasa Cemburu dalam Hubungan

Ilustrasi pasangan bertengkar
Sumber :
  • Pixabay/Tumisu

VIVA – Dalam setiap hubungan, cemburu kepada pasangan rentan terjadi. Cemburu bisa berperan sebagai penyelamat atau pembunuh dalam hubungan.

Suami Bunuh Istri dan Tikam Pria Selingkuhan Gegara Pergoki Chatingan Mesra

Itulah sebabnya, menurut seorang psikolog, sangat penting untuk memahami bagaimana cara kerjanya dan dari mana asalnya. Seperti yang ditulis dr Robert L Leahy dalam bukunya yang berjudul The Jealousy Cure, cemburu lebih dari sekadar mencuri pandang, dan sering kali berhubungan dengan karakter diri sendiri.

"Cemburu selalu tentang tiga orang," kata Leahy, seperti dilansir dari Independent.

Berani Nge-date di Tempat Umum, Chaeyoung TWICE dan Zion T Sudah Pacaran 6 Bulan

Hal itu terjadi ketika seseorang merasa terancam oleh pihak ketiga. Entah seseorang dalam hubungan tertarik pada pihak ketiga atau pihak ketiga tertarik pada seseorang dalam hubungan tersebut. Tentu saja, terkadang bisa keduanya.

Leahy memisahkan kecemburuan romantis dalam dua kategori, kecemburuan seksual dan kecemburuan terkait kedekatan emosional. Menurutnya, pria lebih cenderung terkena dampak pertama, sementara studi menunjukkan bahwa wanita lebih berisiko mengalami yang terakhir.

Agensi Benarkan Karina aespa dan Lee Jae Wook Putus: Fokus pada Pekerjaan

Keduanya bisa timbul karena ketidakamanan dalam sebuah hubungan. Ini bisa meliputi, harapan yang tidak jelas, tingkat komitmen yang tidak seimbang, pengalaman pernah ditinggalkan atau dikhianati sebelumnya. Namun, penyebab cemburu yang paling mengejutkan jauh lebih internal.

"Terkadang kecemburuan bisa menjadi konsekuensi dari harga diri yang tinggi, yang membuat kelemahan orang lain lebih terlihat dibandingkan dengan mereka sendiri. Misalnya, seseorang mengatakan, 'Anda tidak dapat memperlakukan saya seperti itu’," ujar Leahy.

Namun, tidak semua cemburu berakhir dengan air mata. Cemburu dengan derajat rendah atau sedang menjadi pertanda sebuah hubungan, komitmen, bahkan cinta. Dia mengatakan, beberapa orang kadang-kadang mencoba untuk menguji pasangannya untuk melihat apakah mereka cemburu. Menurutnya, itu normal jika dalam derajat rendah. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya